Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lantik Pengurus HKTI Sulteng

Jenderal Moeldoko Ajak Milenial Jadi Petani

Jumat, 26 Februari 2021 19:40 WIB
Ketua Umum HKTI Jenderal (Purn) Moeldoko melantik pengurus HKTI Sulawesi Tengah. (Foto: ist)
Ketua Umum HKTI Jenderal (Purn) Moeldoko melantik pengurus HKTI Sulawesi Tengah. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Jenderal (Purn) Moeldoko mengajak generasi muda turun ke pertanian. Menurutnya, sektor pertanian tidak hanya budidaya  saja, tapi banyak aspek lain yang dapat dikembangkan petani milenial.

“Ekosistem pertanian itu sangat luas, tidak harus selalu berlumpur-lumpur,” tegas Moeldoko saat melantik Dewan Pengurus HKTI Provinsi Sulawesi Tengah yang digelar secara daring dan luring terbatas, di Jakarta, Jumat (26/2).

HKTI Sulawesi Tenggara dipimpin Ketua Delis Julkarson Hehi, yang juga menjabat sebagai Bupati  terpilih Morowali Utara.

Baca juga : Terima Pengurus PMII, Bamsoet Ajak Generasi Muda Tanggulangi Dampak Perubahan Iklim

Moeldoko yang juga Kepala Staf Kepresidenan (KSP) mengatakan, ekosistem pertanian dimulai dari riset, budidaya, teknologi pertanian, hingga pemasaran dan industri hilirnya. Untuk membangun pertanian juga saatnya menerapkan teknologi digital. 

“Di era digital bagaimana teknologi digital menjadi window (jendela) yang menghubungkan supply dan demand,” ujarnya.

Moeldoko meminta HKTI turun langsung mendorong para petani milenial dan petani pada umumnya. Pendekatan teknologi pertanian menjadi prioritas sehingga produktivitas pertanian meningkat dan kesejateraan petani lebih baik.

Baca juga : Terima Pengurus PII, Bamsoet Ajak Tangkal Paham Radikalisme

Moeldoko mencontohkan peran HKTI dan M-Tani di Food Estate Kalimatan Tengah. Di sana, HKTI hadir mendampingi petani. Sementara infrastruktur dibantu oleh Kementerian PUPR. 

Sedangkan Kementerian Pertanian menyiapkan lahan sampai siap tanam dan memberikan subsidi pupuk dan benih. “Dalam setiap hektar mendapat subsidi Rp 4 juta per hektar, dan sisanya senilai Rp 11 juta didukung oleh M-Tani bersama HKTI,” ujarnya.

Menurut Moeldoko, hang mengerjakan adalah anak-anak muda Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). “Anak-anak SMK disana luar biasa,” ungkap Moeldoko. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.