Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kirim Surat Pensiun Ke Presiden 

Jenderal Idham Memilih Netral

Kamis, 7 Januari 2021 07:50 WIB
Kapolri Jenderal Idham Azis. (Foto: Humas Polri)
Kapolri Jenderal Idham Azis. (Foto: Humas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri, Jenderal Idham Azis sudah mengirimkan surat pemberitahuan pensiun kepada Presiden Jokowi. Dalam surat itu, dia tidak menyertakan nama calon penggantinya. Idham memilih netral di bursa calon Kapolri.

Kepada Divisi Humas Polri, Irjen Argo Yuwono menyebut, surat Idham itu dikirimkan ke Presiden melalui Mensesneg, Pratikno. “Surat itu sudah diajukan,” ungkap Argo, kemarin.

Argo memastikan, dalam surat tersebut Idham tak menyebutkan nama calon penggantinya. “Hanya menyampaikan akan memasuki masa pensiun 1 Februari 2021,” terang eks Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya ini.

Baca juga : Kirim Surat Ke Presiden, Kapolri Minta Penunjukkan Pengganti Dirinya

Pratikno membenarkan Idham telah menyampaikan surat pemberitahuan pensiun. Pratikno juga membenarkan Idham tak menyertakan rekomendasi nama calon penggantinya.

“Menyampaikan bahwa beliau akan segera pensiun dan mohon agar segera diajukan calon Kapolri pengganti kepada DPR,” ungkap Pratikno, kepada wartawan, kemarin.

Sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memberi sinyal, Presiden Jokowi sudah mengantongi nama calon Kapolri. “Tinggal menunggu waktu, siapanya pasti sudah ada,” ujar Moeldoko, di kantornya, Jakarta, Senin (4/1).

Baca juga : Petahana Dan Denny Saling Klaim Menang Pilgub Kalsel

Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin menyatakan, hingga kemarin, Presiden Jokowi belum menyerahkan Surat Presiden (Surpres) mengenai nama calon Kapolri. “Belum ada. Kita tunggu saja,” ujar Azis, kemarin.

Saat ini, DPR sedang reses. DPR akan kembali memasuki masa persidangan Senin pekan depan (11/1).

Anggota Komisi III DPR, Habiburokhman mengatakan, pihaknya baru akan melaksanakan rapat internal membahas mekanisme fit and proper test calon Kapolri, Rabu pekan depan (13/1).

Baca juga : Juali Senjata Ke Mesir, Presiden Prancis Dipetisi Warga

Siapa kira-kira yang berpeluang? Politisi Partai Gerindra ini tak menyebut nama. Dia hanya menyebut, ada beberapa perwira tinggi (pati) senior yang punya kans jadi pengganti Idham.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.