Dark/Light Mode

Mau Tes GeNose, Pelni Minta Penumpang Puasa 30 Menit Dulu

Selasa, 2 Maret 2021 13:45 WIB
Sosialisasi penggunaan GeNose. (Foto: ist)
Sosialisasi penggunaan GeNose. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni  (Persero) mulai melakukan sosialisasi GeNose kepada calon penumpang. 

Pjs. Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni, Opik Taupik mengatakan, salah satu yang dianjurkan kepada calon penumpang untuk berpuasa selama 30 menit sebelum menjalani pemeriksaan. Puasa yang dimaksud dengan tidak makan atau minum, termasuk larangan merokok. 

"GeNose ini sensitif terhadap udara dengan bau menyengat seperti parfum, asap rokok maupun handsanitizer. Penumpang akan diminta untuk berkumur sesaat sebelum menjalani tes GeNose. Air mineral cukup," katanya dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (2/3). 

Baca juga : Dirilis Iconomics, Ini Layanan Keuangan Digital Pilihan Milenial

Opik menuturkan, selama seminggu ini akan terus disosialisasikan GeNose. Mulai hari ini sosialisasi diberikan pada calon penumpang KM Nggapulu yang naik dari Tanjung Priok dengan percobaan bagi sekitar 100 penumpang pertama. 

Opik menambahkan, sosialisasi GeNose untuk memastikan alur kedatangan calon penumpang hingga naik ke atas kapal berjalan mulus. Selama masa sosialisasi 7 hari ke depan, calon penumpang tidak akan dipungut biaya untuk pemeriksaan menggunakan GeNose ini. 

Menurutnya, jika pemerintah sudah menerbitkan surat edaran, maka penggunaan GeNose di pelabuhan akan diterapkan secara penuh, termasuk pengenaan biaya kepada calon penumpang. Dia juga menanti kebijakan pemerintah apakah hasil pemeriksaan GeNose dapat diterima secara nasional, mengingat Pemerintah Daerah, khususnya yang disinggahi kapal Pelni masih menggunakan hasil tes rapid antigen sebagai syarat utama perjalanan. 

Baca juga : Setuju Revisi UU ITE, Golkar Minta Pasal Karet Dihapus

“Ini mengingat perjalanan menggunakan transportasi laut untuk Pelni masih mengacu pada Surat Edaran Kementerian Perhubungan yaitu SE 18 Tahun 2021 dan SE 22 Tahun 2021," tuturnya. 

Ia menegaskan, jika pada tes pertama dengan GeNose hasilnya positif Covid-19, petugas akan mengulangi tes kedua dengan jeda 30 menit. 

Bila hasilnya tetap positif, selanjutnya akan ditangani oleh tim Covid-19 untuk mendapatkan pemeriksaan Swab PCR. Sementara bila tes kedua dengan hasil negatif, petugas akan melakukan pengulangan kedua, apabila hasilnya kembali negatif, calon penumpang dapat melanjutkan perjalanan. 

Baca juga : Naik Ring, Pacman Minta Bayaran Rp 560 Miliar

"Bagi penumpang yang hasilnya positif dari pemeriksaan GeNose ini, akan diberlakukan pengembalian atau refund tiket 100 persen secara tunai," ucapnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.