Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kasus Corona Tembus 1 Juta, Bamsoet Minta Pemerintah Jaga Kemampuan RS Rawat Pasien

Rabu, 27 Januari 2021 13:31 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta Pemerintah terus mendukung kemampuan semua rumah sakit rujukan Covid-19 merawat pasien di tengah lonjakan kasus Covid-19. Terlebih, fakta bahwa akumulasi kasus Covid-19 di dalam negeri sudah melampaui jumlah 1 juta kasus per Selasa (26/1). Karenanya, Pemerintah perlu segera merespons aspirasi manajemen rumah sakit tentang pembayaran klaim biaya pengobatan pasien Covid-19.

"Konsekuensi dari jumlah kasus yang terus bertambah adalah meningkatkan kapasitas layanan rumah sakit. Tidak hanya fasilitas ruangan dan tempat tidur, tetapi juga tambahan tenaga kesehatan. Ada ratusan rumah sakit swasta yang ditunjuk pemerintah untuk rujukan pasien Covid-19. Jangan sampai fungsi dan peran mereka melemah karena masalah keuangan,” ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang, di Gedung MPR, Jakarta, Rabu (27/1).

Baca juga : BGS: Covid Tembus Sejuta, Kita Harus Kerja Keras

Ketua DPR ke-20 ini menuturkan, berdasarkan data Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI), sebanyak 300 rumah sakit anggota ARSSI ditunjuk Pemerintah menjadi rujukan bagi pasien Covid-19. Sejalan dengan lonjakan kasus baru Covid-19 akhir-akhir ini, ruang perawatan selalu penuh kendati daya tampungnya terus ditingkatkan.

"Dengan terus bertambahnya jumlah kasus, sangat sulit untuk memprediksi puncak pandemi Covid-19 di dalam negeri. Grafik tentang jumlah kasus terus menanjak kendati pembatasan sosial semakin diperketat. Kecenderungan inilah yang harus diantisipasi," kata Bamsoet.

Baca juga : Kasus Corona Tembus 1 Juta, Jokowi Gelar Rapat Terbatas

Dia pun meminta pemerintah mulai mengantisipatisipasi dengan terus memperbesar kapasitas layanan rumah sakit untuk merawat pasien Covid-19. Khususnya, pada kota atau kabupaten dengan lonjakan jumlah kasus yang tinggi.

“Selain Wisma Atlet di Kemayoran yang mulai penuh, pemerintah perlu untuk menyiapkan rumah sakit darurat lainnya. Berapa pun jumlahnya, pemerintah harus menunjukan kemampuannya merawat semua pasien Covid-19,” pungkas Bamsoet. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.