Dark/Light Mode

Tes GeNose C19 Di Stasiun Senen Dan Yogyakarta

Penumpang Kereta Happy Tes Covid Murah Dan Cepat

Sabtu, 6 Februari 2021 06:00 WIB
Calon penumpang kereta api melakukan tes GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (3/2/2021). (Foto: Khairizal Anwar)
Calon penumpang kereta api melakukan tes GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (3/2/2021). (Foto: Khairizal Anwar)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai menggunakan layanan alat skrining GeNose C19 Test di Stasiun Pasar Senen dan Yogyakarta. Setiap penumpang di kedua stasiun itu harus dinyatakan negatif Covid-19 untuk bisa menumpang kereta.

Penggunaan alat anyar temuan Universitas Airlangga ini sebagai pilihan uji reaksi virus Corona. Sebelumnya, penumpang hanya punya satu pilihan yakni rapid test antigen. Kini, dengan GeNose C19, biayanya lebih murah dan hasilnya lebih cepat keluar.

Pantauan Rakyat Merdeka, Kamis (4/2) lalu, di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, sejak pagi bampak antrean calon penumpang kereta jarak jauh. Calon penumpang mendaftarkan diri dan langsung menuju antrean dengan masing-masing membawa kantong udara yang nantinya ditiup.

Antreannya memang mengular panjang. Ada puluhan calon penumpang yang antre sejak pukul 06.30 pagi. Namun, jaga jarak tetap berlaku. Antreannya juga rapi. Tak ada bedanya antara calon penumpang yang akan tes dengan G GeNose C19 atau dengan rapid test antigen. Setelah mengantre, calon penumpang dibagi dua antara pembayaran GeNose C19 atau rapid test antigen.

Baca juga : Mulai Besok, Tes GeNose C19 Cuma Digelar Di Stasiun Pasar Senen Jakarta Dan Stasiun Tugu Yogyakarta

Namun, ternyata lebih banyak yang menuju pembayaran GeNose C19. Rupanya para calon penumpang ini penasaran. “Selain itu lebih murah dan cepat. Jadi nyoba tes yang ditiup ini,” kata Munjil, penumpang tujuan Jawa Tengah ini.

Saat tiba giliran tes, petugas akan bertanya apakah dalam waktu 30 menit ke belakang, penumpang merokok atau makan dan minum. Jika jawabannya iya, maka pemeriksaan tidak bisa dilanjutkan. Harus menunggu 30 menit tampa makan minum.

Selama pemeriksaan, calon penumpang diinstruksikan mengambil nafas sesuai aturan. Di tempat tes, ada tiga layar televisi yang memutarkan video cara pemeriksaan GeNose C 19.

“Tiga kali ambil nafas dari hidung dan buang nafas dari mulut. Yang ketiga kali, nafas dimasukkan ke kantong udara sampai penuh. Setelah penuh, katup T-valve ditutup lagi,” ungkap petugas memberi instruksi.

Baca juga : Ingat, GeNose Sudah Teruji, Murah, Buatan Anak Negeri

Kantong berisi nafas tersebut dikumpulkan petugas untuk dicek apakah calon penumpang terinfeksi Covid-19 atau tidak. Setelahnya, calon penumpang diminta untuk menunggu di kursi pengambilan hasil test. Surat keterangan hasil pemeriksaan G GeNose C19 yang menyatakan negatif Covid-19 dapat menjadi syarat perjalanan penumpang kereta jarak jauh.

Layanan tes GeNose C19 dibuka sejak pukul 06.00-20.00 WIB. Calon penumpang disarankan tes H-1 sebelum jadwal keberangkatan tiket. Supaya tidak terlambat naik kereta.

Diketahui, GeNose C19 adalah alat deteksi Covid-19 melalui embusan napas yang dikembangkan oleh tim peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. GeNose pun menjadi alternatif pemeriksaan Covid-19 bagi calon penumpang KA jarak jauh selain rapid test antigen dan tes polymerase chain reaction (PCR).

Moda transportasi KA dipilih menjadi yang pertama untuk penerapan pemeriksaan Covid-19 menggunakan GeNose karena harga tiket pada rute tertentu lebih murah dibandingkan harga rapid test antigen.

Baca juga : Mulai Jumat Besok, GeNose Siap Digunakan Di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Tugu Yogyakarta

Vice President Public Relations PT Kereta Api Indonesia, Joni Martinus mengimbau calon penumpang menggunakan layanan tes GeNose C19 di stasiun sehari sebelum jadwal keberangkatan. Ini supaya calon penumpang terhindar kemungkinan tertinggal kereta.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.