Dark/Light Mode

Transparansi Penggunaan BBM

ASDP Terapkan IT Nozzle Di 7 Dermaga Merak

Jumat, 5 Maret 2021 22:00 WIB
Ilustrasi (Foto: Ist)
Ilustrasi (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak telah merampungkan pemasangan perangkat dan sistem Digitalisasi Nozzle, untuk pengisian bahan bakar kapal di tujuh dermaga Pelabuhan Merak, Banten.

Hal ini sebagai upaya peningkatan pelayanan ASDP dan tindak lanjut pengawasan dan pendistribusian BBM (bahan bakar minyak). Serta penerapan program IT Nozzle oleh Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas).

Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin mengatakan, dari tujuh dermaga yang beroperasi di Merak, baru dua dermaga yang sudah terdigitalisasi IT Nozzle. Yakni dermaga 1 dan dermaga 3.

Baca juga : Mantul! Penjualan Produk Kecantikan Lokal Di Tokopedia Meroket

"Desember lalu, didapatkan lima dermaga masih manual dalam pengisian BBM ke kapal. Lalu, dalam dua bulan sudah rampung memasangnya. Kini, tujuh dermaga di Merak telah menggunakan IT Nozzle semua," ujarnya, melalui siaran pers, Jumat (5/3).

Menurutnya, pemasangan IT Nozzle ini juga merupakan salah satu wujud komitmen ASDP terhadap akuntabilitas dan transparansi penggunaan BBM, yang sejalan dengan Peraturan dari BPH Migas Nomor 06 tahun 2013 tentang Penggunaan Sistem Teknologi Informasi Dalam Penyaluran BBM.

"Manfaatnya juga sangat besar. Penyaluran BBM ke kapal akan lebih akurat jumlahnya dan meminimalisir kesalahan yang dilakukan SDM," katanya.

Baca juga : KLHK Gercep Siapkan Helikopter Dan Satgas Karhutla

Shelvy menegaskan, upaya digitalisasi ini juga memudahkan manajemen dalam melakukan monitoring terhadap kegiatan penyaluran BBM.

"Data pengisian secara otomatis akan terekam setelah penyaluran BBM selesai melalui aplikasi Integrated Bunkering System (IBS). Dan berjalan secara real time," sambungnya.

Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa menilai, ASDP telah memenuhi komitmennya untuk memasang perangkat dan sistem IT Nozzle di dermaganya secara bertahap.

Baca juga : Mandiri Layani Penukaran Uang Asing Bertarif Murah

Ia berharap, dengan terpasangnya IT Nozzle di ASDP Merak, maka program ini dapat diikuti dan memberikan contoh kepada semua perusahaan transportasi air atau laut untuk juga melaksanakan IT Nozzle.

"Kami sangat mengapresiasi PT ASDP Merak untuk keseriusannya terhadap melaksanakan program IT Nozzle dengan pesat," tutupnya. [IMA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.