Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menko Airlangga: Pemerintah Segera Terapkan PPKM Berskala Mikro

Jumat, 5 Februari 2021 15:13 WIB
Menko Airlangga: Pemerintah Segera Terapkan PPKM Berskala Mikro

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam waktu dekat, pemerintah akan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro atau di tingkat lokal.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers virtual, Jumat (5/2).

Baca juga : Pemerintah Imbau Perayaan Imlek Dilakukan Sederhana

“Kita lihat beberapa daerah mengalami penurunan, yakni DKI Jakarta dan Jawa Tengah dalam seminggu terakhir. Tapi Presiden minta supaya lebih mikro lagi,” kata Airlangga.

Meski Airlangga tak menjelaskan secara detail mengenai penerapan PPKM berskala mikro tersebut, namun yang pasti levelnya bukan hanya di kabupaten atau kota melainkan sampai kecamatan, kelurahan, desa, RT, hingga RW.

Baca juga : Airlangga: Pemerintah Akan Perkuat Tracing Untuk Menangani Corona

“Ini sedang disiapkan secara keseluruha. Tentu, kami akan laporkan ke Presiden dan nanti Presiden yang akan menetapkan langkah-langkah lanjutannya,” ujar Airlangga.

Sesuai arahan Jokowi, PPKM berbasis mikro ini bertujuan agar kegiatan penanganan COVID-19 bisa efektif dengan angka kasus turun, dan ekonomi tetap naik menuju positif pada kuartal I.

Baca juga : Pemerintah Didesak Segera Wajibkan OTT Asing Kerjasama Dengan Perusahaan Indonesia

Keseimbangan kebijakan pemerintah untuk segera menarik tuas rem ketika terjadi kenaikan angka kasus diyakini mampu mendorong perekonomian Indonesia masuk dalam jalur positif.

"Itu arahan Presiden yang perlu diterjemahkan untuk kelanjutan dari kegiatan penanganan Covid-19,” tegas Airlangga. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.