Dark/Light Mode

Luhut: Ekonomi Digital Indonesia Ungguli Singapura dan Malaysia

Senin, 8 Maret 2021 20:06 WIB
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. [Foto: Lemhannas]
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. [Foto: Lemhannas]

 Sebelumnya 
Berdasarkan data Global Startup Ecosystem Report 2020, Indonesia menempati posisi pertama berdasarkan nilai ekosistem dengan 26,3 miliar dolar AS dan nilai pendanaan tahap awal sebesar 849,5 juta dolar AS.

Baca juga : Demokrasi Indonesia Di Persimpangan Jalan

Dia menilai, capaian tersebut tidak akan terwujud tanpa peran para pemangku kepentingan seperti pemerintah, akademisi, dan pihak swasta.

Baca juga : Buka Kursus Bahasa Indonesia Di KBRI Roma

"Peran aktif pemerintah akan terus didorong demi perkembangan sektor ekonomi digital di dalam negeri. Saya berharap, kolaborasi yang nantinya tercipta antara semua pihak akan terus menciptakan multiplier effect positif yang akan memberikan dampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat Indonesia di era ekonomi digital," kata Luhut.

Baca juga : PT Pos Indonesia Mulai Salurkan BST Tahap 3

Dalam kesempatan itu, Luhut juga mengatakan, keberadaan UMKM secara daring harus terus didukung, agar tidak tertinggal di era industri 4.0. "Saya berharap kerja sama antara Microsoft dan Bukalapak dapat meningkatkan daya saing pelaku bisnis UMKM nasional. Saya juga berharap, kita dapat terus bekerja bersama mendorong perekonomian digital Indonesia," ujar dia. [RSM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.