Dark/Light Mode

Pertamina Siagakan Pasokan BBM dan LPG di Wilayah Indramayu

Rabu, 10 April 2019 10:22 WIB
(Foto: Pertamina MOR III)
(Foto: Pertamina MOR III)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region III memastikan pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan LPG (liquefied petroleum gas) di Kabupaten Indramayu yang terdampak banjir luapan Sungai Cimanuk, tetap aman.  

Dua dari tiga Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayah Kabupaten Indramayu, yakni SPBU 34.44228 di Jl Raya Jatisawit dan SPBU 34.45218 Jl Raya Panyindangan, tetap beroperasi normal dengan stok BBM memadai. Sedangkan SPBU 34.45232 Jl Raya Soekarno Hatta, berhenti operasi sementara karena terimbas banjir Sungai Cimanuk.  

Baca juga : Pertamina EP Temukan Cadangan Gas di Toli, Banggai Sulteng

Sejak Senin (8/4), sebagian wilayah Kabupaten Indramayu, Jawa Barat terendam banjir akibat meluapnya Sungai Cimanuk. Debit air yang tinggi melampaui tanggul sungai, dan kini air mulai meluas. Beberapa desa yang terdampak banjir di antaranya Bojong Sari, Dukuh, Paiman, Pekadangan, dan Pekadangan Jaya.

“Kondisi saat ini, SPBU 34.45232 tidak beroperasi sementara karena banjir di dalam area SPBU. Berdasarkan hasil tes air, tidak ada kontaminasi kandungan air dalam stok BBM, di seluruh produk SPBU tersebut. SPBU siap beroperasi kembali setelah genangan surut,” jelas Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina MOR III Dewi Sri Utami.

Baca juga : Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan LPG di Kabupaten Bandung Aman

Dewi menambahkan, Pertamina juga menyiagakan Terminal BBM (TBBM) Balongan untuk menyiapkan tambahan pasokan BBM, apabila diperlukan. 

Seperti halnya BBM, pasokan LPG di wilayah tersebut juga dalam kondisi aman. Seluruh agen dan pangkalan LPG serta Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE), dalam keadaan aman dan beroperasi normal. Menurutnya, truk LPG masih dapat mengantarkan LPG 3 kg baik melalui jalur utama maupun jalur alternatif. 

Baca juga : Perangi Pencucian Uang, BI Gandeng Bank Thailand

"Kondisi penyaluran LPG secara umum di wilayah Kabupaten Indramayu dan sekitarnya berada dalam kondisi aman. Baik dalam hal suplai maupun penyaluran. Pertamina senantiasa berkoordinasi dengan Pemda dan Hiswana Migas setempat,  untuk kebutuhan penyaluran LPG," jelas Dewi. Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk Pertamina, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center 135. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.