Dark/Light Mode

Ekonom Indef: THR Tepat Waktu, Perputaran Ekonomi Bakal Ngebut

Kamis, 15 April 2021 08:14 WIB
Direktur Program Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Esther Sri Astuti (Foto: Istimewa)
Direktur Program Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Esther Sri Astuti (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Program Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Esther Sri Astuti optimistis, konsumsi masyarakat akan mengalami kenaikan, jika THR cair tepat waktu. Sesuai imbauan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Sebab itu, perusahaan swasta perlu menjalankan imbauan tersebut.

“THR dalam masa pandemi pasti akan mendorong konsumsi masyarakat,” ujar Esther kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Bos BI Pede Pertumbuhan Ekonomi Capai 5,3 Persen

Sampai saat ini, pola konsumsi mengalami gangguan karena banyak masyarakat yang mengalami penurunan pendapatan. Khususnya, kelas pekerja yang mengalami penurunan penghasilan bulanan karena perusahaan mereka memberlakukan aturan Work From Home (WFH).

Jebolan Universitas Maastricht Belanda ini menilai, jelang Hari Raya merupakan momentum yang tepat untuk memacu perputaran ekonomi di tengah krisis akibat pandemi Covid-19.

Pemberian uang tunjangan jelang Hari Raya, apa pun bentuknya, adalah momentum yang tepat untuk mendongkrak konsumsi masyarakat. “Ini akan menggerakkan minat masyarakat untuk berbelanja,” ucap Esther.

Baca juga : Penerapan Industri 4.0 Kebut Pemulihkan Ekonomi Nasional

Dari data yang dia miliki, karakter pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 57 persen di-drive oleh sektor konsumsi. Nah, ketika pandemi banyak orang tidak punya uang kemudian pendapatannya menurun, tentu konsumsi jadi merosot.

“Apa yang mau dibelanjakan kalau tidak ada uang,” kata Esther.

Untuk mendorong demand side, maka THR harus cair tepat waktu. Besar harapan para pekerja, pelaku usaha mengikuti seruan Menko Airlangga. Agar tidak ada potongan THR atau dicicil seperti tahun lalu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.