Dark/Light Mode

Kiprah Kartini KAI, Semangat Majukan Kereta Api Indonesia

Rabu, 21 April 2021 14:49 WIB
Wakil Kepala Stasiun Besar Jember Enis Rahmawati saat melaksanakan pengawasan operasional KA. (Foto: Dok. KAI)
Wakil Kepala Stasiun Besar Jember Enis Rahmawati saat melaksanakan pengawasan operasional KA. (Foto: Dok. KAI)

 Sebelumnya 
Menjadi kepala stasiun perempuan ternyata memiliki sisi keunikan tersendiri. Setidaknya, inilah yang dirasakan oleh Linda Mayagita Barliani, Kepala Stasiun Wadu, Daop 4 Semarang. Linda memulai pengalamannya sebagai kepala stasiun pada September 2018 di Stasiun Wadu.

“Bekerja di lingkungan yang identik dengan laki-laki ternyata mudah dan menyenangkan karena tidak perlu terlalu kaku dalam memilah kata-kata saat berinteraksi, hal ini karena laki-laki rata-rata mempunyai sifat yang lebih mengedepankan akal atau logika sehingga tidak mudah terbawa perasaan,” ujar Linda.

Baca juga : Sambut Ramadan, KAI Hadirkan Ornamen Di Kereta Api Dan Stasiun

Di Stasiun Wadu, Daop 4 Semarang, saat ini Linda telah memiliki tim kerja 10 orang yang kesemuanya merupakan laki-laki. Linda juga menambahkan bahwa tugas yang berat sebagai kepala stasiun selalu bisa ia atasi dengan semangat untuk terus memberikan manfaat dan sikap yang selalu menghargai nilai dan proses.

Selain kepala stasiun, ada juga tugas wakil kepala stasiun yang tak kalah tantangannya, terlebih karena ia juga harus senantiasa siap mendukung tugas kepala stasiun.

Baca juga : HUT Ke-91, Ketum Iriawan: Semoga PSSI Jadi Kebanggaan Warga Indonesia

Adalah Enis Rahmawati, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Kepala Stasiun Besar Jember, di Daop 9 Jember. Sebelumnya, Enis sendiri memiliki pengalaman total hampir 3 tahun sebagai kepala stasiun. Ia pernah bertugas menjadi kepala stasiun di Stasiun Tulangan, Stasiun Krian, dan Stasiun Tarik.

Setelah itu, hampir 2 tahun ia menjabat sebagai wakil kepala stasiun besar yaitu di Stasiun Juanda, dan terkini di Stasiun Jember. “Pengalaman saya selama bekerja baik sebagai kepala stasiun maupun wakil kepala stasiun haruslah mempunyai mindset dan mental yang kuat, tidak cengeng sehingga kita bisa melakukan pekerjaan tersebut dengan baik,” ujar Enis.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.