Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jadi Obat Larangan Mudik

THR Lebaran Kerek Kinerja Konsumsi

Kamis, 15 April 2021 08:25 WIB
Beberapa hari menjelang Ramadan, Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, mulai ramai dikunjungi pengunjung. Banyak masyarakat yang membeli baju dan tas baru, Jumat 
(9/4). Meski tak seramai seperti masa sebelum pandemi, namun kondisi Pasar Tanah Abang kini kembali menggeliat. (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)
Beberapa hari menjelang Ramadan, Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, mulai ramai dikunjungi pengunjung. Banyak masyarakat yang membeli baju dan tas baru, Jumat (9/4). Meski tak seramai seperti masa sebelum pandemi, namun kondisi Pasar Tanah Abang kini kembali menggeliat. (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menko Perekonomian Airlangga mengingatkan pengusaha, agar bersiap menunaikan kewajiban memberi THR kepada karyawan jelang Lebaran.

“Presiden juga menyampaikan, bahwa kita harus menjaga momentum pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi dan penanganan pandemi Covid-19 harus berjalan seiring,” ujar Airlangga.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini menceritakan, dalam Sidang Kabinet Paripurna di Kantor Presiden telah dibahas banyak hal tentang penanganan Covid-19.

Salah satunya, terkait THR yang bisa menggerakkan roda ekonomi nasional. “THR bisa menstabilkan kondisi demand side,” cetusnya.

Baca juga : Tetap Beroperasi, Garuda Dan ASDP Lagi Otak-atik Jadwal

Kasus Covid-19 yang semakin terkendali ini, mesti diimbangi dengan pertumbuhan ekonomi yang harus bergerak. Tak cuma karyawan swasta, Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri juga akan mendapat THR.

Airlangga optimistis, THR dan Gaji ke-13 bisa menggerakkan konsumsi masyarakat. “Setelah berbagai dukungan dan insentif kepada dunia usaha. Pemerintah menetapkan kebijakan untuk mewajibkan pemberian THR pada karyawan,” katanya.

Menurutnya, pemberian THR dan Gaji ke-13 tahun ini berpotensi meningkatkan konsumsi hingga Rp 215 triliun.

Tidak hanya mendorong pengusaha mencairkan THR, Airlangga juga sudah menyiapkan program untuk memacu keseimbangan supply demand.

Baca juga : Lebaran Virtual Asyik, Asal Kuota Internetnya Disubsidi

Pencairan THR akan bersinergi dengan program pemerintah lainnya, untuk meningkatkan daya beli. Oleh karena itu, dia yakin kinerja perekonomian secara keseluruhan terutama pada triwulan II-2021, akan lebih baik dibandingkan tahun lalu.

“Ada kebijakan peniadaan mudik dan pembatasan aktivitas masyarakat. Tapi pemerintah menyiapkan program dan dorongan untuk meningkatkan daya beli,” kata Airlangga.

Menurutnya, beberapa program seperti percepatan penyaluran target output perlindungan sosial, meliputi Program Keluarga Harapan (PKH), kartu sembako, bantuan sosial tunai dan lainnya.

Program yang belum terpenuhi pada triwulan I, akan didorong untuk cair pada April hingga Mei 2021.

Baca juga : Larangan Mudik Ibarat Jamu, Pahit Tapi Menyehatkan

“Menjelang Lebaran, pemerintah akan mempercepat pencairan kartu sembako dari Juni ke awal Mei,” ujar dia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.