Dark/Light Mode

BRI Ajak Gotong Royong Pulihan UMKM

Jangan Sampai Usaha Mikro Jalan Di Tempat

Jumat, 30 April 2021 05:44 WIB
Direktur Utama BRI Sunarso. (Foto : Tangkapan layar Youtube Bank BRI).
Direktur Utama BRI Sunarso. (Foto : Tangkapan layar Youtube Bank BRI).

 Sebelumnya 
Pemulihan Terus Membaik

Wakil Menteri BUMN Pahala N Mansury mengatakan, perbai­kan kondisi ekonomi Indonesia akan terus berlanjut pada kuartal II-2021. Hal ini terlihat dari mu­lai terjadinya peningkatan per­mintaan pasokan listrik rumah tangga di Indonesia. Kondisi ini harus dipertahankan dan diman­faatkan sebaik mungkin.

Baca juga : Jangan Sampai Sanksi Cuma Omdo, Di Atas Kertas Doang

Pahala menyebut, pada 2021 ini Kementerian BUMN akan fokus memberi dukungan untuk pemenuhan kebutuhan infrastruk­tur, pendanaan, dan akses pasar demi pemulihan UMKM.

“Dukungan ini diberikan baik melalui kebijakan dan aksi-aksi korporasi yang dilakukan, maupun integrasi antar BUMN-BUMN eksisting. Agar semakin berdaya guna untuk kemajuan UMKM,” ucap mantan Direktur Utama BTN ini.

Baca juga : Pengguna Medsos Jangan Asal Klik Tautan Nggak Jelas

Kementerian BUMN, sam­bung Pahala, berusaha untuk membangun digital platform dan digital services bagi UMKM. Dia melanjutkan, saat ini masih dilakukan konsolidasi BUMN untuk mendukung ekosistem usaha ultra mikro (UMi).

“Karena memang jumlah ultra mikro yang masih membutuhkan dana, namun belum mendapat­kannya kurang lebih masih 80 persen,” tegasnya.

Baca juga : Kurangi Beban, Jangan Cuma Andalkan Suntikan Pemerintah

Dihubungi terpisah, Ketua Umum Asosiasi UMKM In­donesia (Akumindo) Ikhsan Ingratubun sangat menyambut inisiatif yang dilakukan BRI. Kehadiran Kementerian dan Lembaga maupun BUMN di­yakininya bisa mempercepat pemulihan UMKM.

Dengan begitu, lanjut Ikhsan, akan terciptanya penyaluran pembiayaan kredit mikro yang lebih baik ke depannya. “Pem­biayaan yang diberikan BUMN akan lebih terarah, dengan bunga lebih rendah, serta mampu men­jangkau banyak pelaku UMKM,” harap Ikhsan saat dihubungi Rakyat Merdeka, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.