Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gandeng E-commerce, Visa Tingkatkan Layanan Konsumen

Minggu, 9 Mei 2021 07:31 WIB
Ilustrasi. (ist)
Ilustrasi. (ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Covid-19 yang berlangsung lebih dari satu tahun telah merubah banyak aktivitas masyarakat.

Presiden Direktur Visa Indonesia Riko Abdurrahman mengungkapkan, pandemi juga merubah pola berbelanja konsumen Indonesia.

"Dari hasil survei kami masyarakat Indonesia mempertimbangkan platform e-commerce sebagai sarana ideal untuk membayar kebutuhan. Top-up dan pembayaran tagihan sebagai kategori yang paling banyak digunakan," kata Riko dalam diskusi bareng media yang digelar virtual, kemarin.

Untuk meningkatkan pelayanan terhadap konsumen Indonesia. Di bulan Ramadan Visa juga memiliki promosi diskon menarik di GoFood, serta di sejumlah e-commerce.

Baca juga : Gandeng Pengrajin Lokal, Nespresso Luncurkan Varian Kopi Baru

Promo tersebut antara lain diskon Rp 35.000 untuk pembelian minimum Rp 70.000 saat memesan makanan melalui GoFood. Dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Di Shopee diberikan diskon 10 persen hingga Rp 150.000 per transaksi setiap hari Jumat. minimal pembelanjaan Rp 1 juta.

Lalu di Tokopedia dan JD.ID disiapkan, diskon sampai Rp 150 ribu setiap hari Minggu dengan pembelanjaan minimum Rp 2,5 juta untuk kartu kredit dan Rp 1,25 juta untuk kartu debit.

Menurut studi yang dilakukan Visa, tiga produk dan layanan terpopuler yang dibeli di platform e-commerce selama tiga bulan terakhir sampai periode survei adalah top-up dan pembayaran tagihan 49 persen, belanja ritel 45 persen dan pemesanan makanan 34 persen.

Baca juga : Tangani Pasien Covid-19, Kemhan Tingkatkan Fasilitas 110 Rumah Sakit

Lalu Pengiriman gratis 69 persen dan voucher diskon 64 persen adalah fitur penawaran e-Commerce yang paling dicari konsumen saat melakukan pembelian.

Menurutnya pandemi saat ini terus mengakselerasi pergeseran menuju perdagangan yang mengutamakan digital, diperkuat oleh terjadinya lonjakan first-time online shoppers dan belanja contactless.

"Studi kami menunjukkan banyak konsumen telah merasakan manfaat e-commerce dalam mengelola transaksi sehari-hari mereka, termasuk membayar listrik, air, telepon rumah, telepon seluler, internet, dan tagihan berlangganan lainnya," katanya.

Studi tersebut juga mengungkapkan tiga metode pembayaran e-commerce terpopuler selama tiga bulan terakhir sampai periode survei adalah dompet digital 65 persen, transfer bank 30 persen dan transfer ke akun virtual 27 persen.

Baca juga : Finlandia Tingkatkan Kerja Sama Dengan UMKM Aceh

Sementara itu, pembayaran dengan kartu kredit dan debit terus diminati di platform e-commerce didorong penawaran diskonnya yang menarik. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.