Dark/Light Mode

Siap Wujudkan Kadin Yang Inklusif, Arsjad Rasjid Diapresiasi

Senin, 10 Mei 2021 09:23 WIB
Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) sekaligus calon Ketua Umum Kadin periode 2021-2026 Arsjad Rasjid (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) sekaligus calon Ketua Umum Kadin periode 2021-2026 Arsjad Rasjid (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gagasan Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) sekaligus calon Ketua Umum Kadin periode 2021-2026 Arsjad Rasjid, terkait pentingnya peran Kadin dalam membantu pemerintah memulihkan ekonomi nasional, diapresiasi banyak kalangan.

Salah satunya, dari Ketua Umum Kadin Sumatera Barat, Ramal Saleh. Dia mendukung gagasan Arsjad, menjadikan Kadin sebagai mitra utama pemerintah pusat dan pemerintah daerah, dalam menumbuhkan ekonomi.

Baca juga : Dipanggil Shin Tae-yong, Ini Janji Klok Pada Timnas Indonesia

“Nggak ada kata lain untuk ke depan. Itu perlu kolaborasi dalam menyelesaikan masalah atau kebijakan, karena yang seperti ini perlu dikomunikasikan," kata Ramal dalam keterangannya Minggu (9/5).

Ia menilai, gagasan dan program kerja Arsjad sejalan dengan kebijakan Presiden Jokowi. Hal itu tercermin dari visi dan misi memulihkan sektor kesehatan dan ekonomi, yang terdampak pandemi Covid-19.

Baca juga : Kadin Kaltim Dukung Arsjad Rasjid Genjot Pertumbuhan Ekonomi Di Daerah

Dalam hal ini, Ramal menilai, perlu ada kemitraan yang baik antara pelaku usaha dengan pemerintah.

"Pemerintah tidak bisa jalan sendiri. Kadin selaku pelaku usaha, harus memberi masukan atas permasalahan-permasalahan di bidang ekonomi. Misalnya, untuk investasi kepada pemerintah," ungkapnya.

Baca juga : PLN Siap Penuhi Kebutuhan Listrik Untuk Industri Smelter Di Sulawesi

Ramal optimis, Kadin di bawah kepemimpinan Arsjad akan menjadi organisasi yang bersifat inklusif. Tak hanya berisi pengusaha-pengusaha besar, tetapi juga merangkul semua pelaku usaha mikro kecil, menengah.

"Menurut Undang-Undang No. Tahun 1987, Kadin ini lah satu-satunya induk organisasi yang membina dan menjembatani pelaku usaha, serta mengkomunikasikannya dengan pemerintah. Baik itu besar dengan menengah, menengah dengan kecil, kecil dengan mikro,” pungkas Ramal. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.