Dark/Light Mode

Mudik Dilarang, Jumlah Mobil Lewat Tol Trans Sumatera Ambles 17 Persen

Kamis, 13 Mei 2021 15:52 WIB
Tol Trans Sumatera. (Foto: Antara)
Tol Trans Sumatera. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Hutama Karya (Persero) mencatat 431.768 unit kendaraan yang melintas Tol Trans Sumatera (JTTS) sampai H-1 Lebaran, Rabu (12/5). 

Jumlah tersebut turun sebesar 89.266 kendaraan atau 17,13 persen dari lalu lintas harian rata-rata (LHR) dibanding sebelum adanya larangan mudik Lebaran atau 521.034 unit kendaraan.

Berita Terkait : Mudik Dilarang, Truk Logistik Jawa Ke Sumatera Naik 24 Persen

"Penurunan ini tidak lepas dari adanya larangan mudik dari pemerintah yang cukup dipatuhi oleh masyarakat," kata Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J Aries Dewantoro dalam keterangan tertulisnya, Kamis (13/5).

Menurut dia, jumlah tersebut merupakan akumulasi LHR kendaraan yang masuk melalui Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan di Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar. 

Berita Terkait : Nonton Boleh, Ngemil Boleh

Kemudian, GT Terbanggi Besar di Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-KayuAgung, GT Palembang di Tol Palembang-Indralaya, GT Pekanbaru di Tol Pekanbaru-Dumai, dan GT Blang Bintang di Tol Sigli-Sigli Banda Aceh Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang.

Adapun ruas tol di JTTS yang mengalami penurunan paling signifikan yakni Tol Pekanbaru-Dumai sebanyak 40,39 persen. Sementara, jumlah kendaraan yang diputarbalikan hingga Selasa ada 519 unit dari 3.840 kendaraan yang diperiksa karena tidak dapat menunjukkan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) dan has tes PCR. [DIT]