Dark/Light Mode

Kartini Sumber Inspirasi Sri Mulyani

Minggu, 21 April 2019 12:34 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Kemenkeu)
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Kemenkeu)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, perjuangan dan pemikiran Kartini adalah sumber inspirasi dirinya yang hingga kini masih relevan.

Hal tersebut dikatakan Sri Mulyani di akun instagramnya @smiindrawati yang ditulis hari ini dalam memperingati hari Kartini.

Baca juga : Maruf Serukan Rekonsiliasi Seluruh Komponen Bangsa

Menurut Sri Mulyani, Kartini tidak hanya berjuang untuk dirinya sendiri, namun dia berjuang untuk perempuan-perempuan lain dalam memperoleh persamaan hak dan kesempatan untuk maju dan berperan positif dalam keluarga, masyarakat, negara, dan dunia.

“Semangat itulah yang saya lihat dan temui dari para Kartini Kemenkeu (Kementerian Keuangan). Dan saya berharap semangat itu ada di hati dan pikiran seluruh perempuan Indonesia,” ujarnya.

Baca juga : Bupati Serang Apresiasi Ribuan Kader KB

Dalam rangka memperingati hari Kartini, Sri Mulyani mengadakan dialog dengan Kartini Kemenkeu. Dialog pertama dengan prgawai perempuan yang sudah mencapai karier sebagai pejabat eselon satu dan eselon dua Kemenkeu dan BUMN Kemenkeu.

Dialog kedua dengan perwakilan generasi milenial perempuan yang baru bekerja di Kemenkeu. “Dalam percakapan kami membahas bagaimana mereka dibesarkan di keluarga masing-masing, bagaimana memulai karier, tantangan dan harapan sepanjang karier mereka, dan bagaimana menyikapi tantangan sebagai seorang perempuan yang bekerja di kantor dan juga sebagai seorang anak/ibu/istri di rumah,” tuturnya.

Baca juga : Menteri Sri Mulyani Jangan Besar Kepala

Dia juga meminta, Kartini Kemenkeu harus mampu menggunakan pengalaman mereka untuk dapat menyusun dan mempengaruhi kebijakan nasional yang dapat memahami tantangan perempuan dan menterjemahkan perbedaan gender dalam kebijakan publik, sehingga Indonesia menjadi negara yang dapat memberikan kesempatan yang adil dan sama bagi perumpuan dan laki-laki. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.