Dark/Light Mode

Telkomsel Menang Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio

Jumat, 21 Mei 2021 08:09 WIB
Sah Menang Lelang Frekuensi 2,3 GHz: Telkomsel Perkuat 4G, Siapkan 5G. (Foto: Telkomsel).
Sah Menang Lelang Frekuensi 2,3 GHz: Telkomsel Perkuat 4G, Siapkan 5G. (Foto: Telkomsel).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Telkomsel memenang­kan seleksi pengguna pita frekuensi radio 2,3 GHz, guna keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler ta­hun 2021. Hal ini berdasarkan keputusan Menteri Komu­nikasi dan Informatika.

Untuk itu, Telkomsel berkomitmen memaksimalkan penggunaan seluruh spektrum tambahan, yang telah diamanatkan pemerintah. Yang ber­tujuan mendorong akselerasi penggelaran infrastruktur jaringan bergerak seluler, dengan teknologi generasi keempat (4G/LTE/Long Term Evolution)

Sekaligus jika memung­kinkan, melanjutkan roadmap pengembangan teknologi telekomunikasi terbaru yang nantinya akan segera diterapkan di Indonesia, seperti teknologi generasi kelima.

Baca juga : Polemik Internal KPK, Jangan Sampai Ganggu Pemberantasan Korupsi

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengata­kan, langkah korporasi mela­lui investasi pita frekuensi ini dilakukan dengan telah mempertimbangkan berbagai aspek. Di antaranya, strategi pengembangan investasi dan bisnis yang matang. Serta, dukungan finansial yang kuat, seiring dengan roadmap trans­formasi Telkomsel, yang kini telah menjadi perusahaan telekomunikasi digital.

“Investasi yang dilakukan Telkomsel dalam memperoleh tambahan spektrum frekuensi ini, menunjukkan keseriusan korporasi untuk selalu men­jadi yang terdepan,” ucap Setyanto dalam keterangan resminya, kemarin.

Setyanto menjelaskan, tam­bahan spektrum akan diman­faatkan untuk memperkuat pengembangan layanan broadband terkini 4G LTE, dengan memaksimalkan kapasitas dan kualitas jaringan broad­band bagi pelanggan hingga pelosok Indonesia.

Baca juga : Menang Lelang Frekuensi 2,3 GHz, Telkomsel Garap 5G

Diharapkan pencapaian ini juga akan mendukung pengua­tan ekosistem digital di Indone­sia. Termasuk industri kreatif digital, e-commerce, dan men­dorong transformasi digital segmen Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Selanjutnya untuk tahap awal, Telkomsel akan melan­jutkan pembangunan Base Transceiver Station (BTS) 4G/LTE dengan memaksi­malkan frekuensi 2,3 GHz yang tersedia. Terutama di wilayah yang memiliki trafik penggunaan layanan broad­band cukup tinggi.

“Dengan begitu, masyarakat menikmati kecepatan akses maksimal mobile broadband yang lebih tinggi dan berkual­itas,” imbuhnya.

Baca juga : Optimis Menang, PDIP Targetkan Rebut Kursi Wali Kota Bekasi

Hingga akhir tahun lalu, Telkomsel telah menggelar lebih dari 231 ribu unit BTS, dengan ketersediaan lebih dari 78 persen berteknologi BTS 3G/4G, yang menjangkau 95 persen wilayah populasi di seluruh pelosok negeri. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.