Dark/Light Mode

Arsjad Rasjid: Pengusaha Itu Agent of Development Sektor Ekonomi

Sabtu, 22 Mei 2021 13:33 WIB
Wakil Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid/IG
Wakil Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid/IG

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengusaha berperan sebagai agent of development di bidang ekonomi, perdagangan dan investasi, baik di tingkat pusat maupun daerah. 

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional, Arsjad Rasjid.

“Sebagai agent of development, pengusaha berperan aktif mengembangkan potensi-potensi daerah, membuka lapangan kerja, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat bagi terciptanya pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” ujar Calon Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2021-2026 ini, Sabtu (22/5).

Baca juga : Arsjad Rasjid: Vaksinasi Gotong Royong Percepat Pemulihan Ekonomi

Menurut Arsjad, sinergitas antara pemerintah dan dunia usaha sangat diperlukan untuk memberdayakan potensi yang dimiliki setiap daerah.

Ini penting sekali agar pertumbuhan ekonomi  berjalan berkesinambungan, ada pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat meningkat.

Ia mengungkapkan, pemerintah dan pengusaha juga harus bergandeng tangan untuk mendorong dan menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Baca juga : Arsjad Rasjid: Holding Ultra Mikro Bakal Munculkan Pengusaha Baru Di Daerah

Arsjad mengatakan, pengusaha sebagai agent of development harus menjalankan perannya secara maksimal dengan menjadikan Kadin sebagai  rumah bersama.  

“Rumah kita untuk tumbuh secara inklusif dan kolaboratif, dengan memperkuat peran swasta sebagai tulang punggung untuk memulihkan kesehatan dan membangkitkan perekonomian nasional,” jelasnya.

Sebab, tugas utama kita saat ini adalah memulihkan kesehatan agar dapat membangkitkan ekonomi.

Baca juga : Menko Airlangga: Kenaikan Indeks Manufaktur, Momentum Percepatan Pemulihan Ekonomi

Arsjad juga mengibaratkan Kadin sebagai sebuah perusahaan, Kadin Daerah dan Asosiasi sebagai pemegang sahamnya. 

Menurutnya, tugas insan Kadin adalah menciptakan values bagi para pemegang saham, yaitu Kadin Daerah dan Asosiasi.

“Kadin Daerah yang tahu apa isu lokalnya, Asosiasi yang mengerti industrinya. Ini yang harus kita kombinasikan untuk mengokohkan peran sebagai agent of development,” katanya. [WHY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.