Dark/Light Mode

PTPN III Patok Target Produksi Gula 1,8 Juta Ton Di 2024

Senin, 24 Mei 2021 23:06 WIB
Ilustrasi (Foto: Ist)
Ilustrasi (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Perkebunan Nusantara III (Persero) atau PTPN III memproyeksikan produksi gula akan meningkat dua kali lipat pada 2024.

Direktur Utama Holding PTPN III (Persero) Mohammad Abdul Gani menuturkan, produksi gula untuk empat tahun mendatang akan mencapai 1,8 juta ton, dibanding 2021 yang hanya sebanyak 900 ribu ton. Saat ini, PTPN III memiliki 45 pabrik gula, tapi yang dioperasikan 34 pabrik.

Baca juga : Airlangga Hartarto dan Proyeksi Partai Golkar Menangkan Pemilu 2024

Pihaknya sudah menyusun roadmap (peta jalan) gula nasional sampai empat tahun ke depan. Ia menjelaskan, seandainya target produksi tersebut mampu direalisasikan, maka PTPN bersama PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI, dan perusahaan gula swasta, diharapkan bisa menghasilkan setidaknya 3,2 juta ton gula pada 2024.

“Jumlah produksi 3,2 juta ton itu sesuai dengan kebutuhan gula konsumsi nasional yang diproyeksikan pada 2024 mendatang,” tutur Abdul Gani dalam keterangan resminya, Senin.

Baca juga : Airlangga Harap LKI Partai Golkar Produksi Jubir Handal

Untuk dapat mencapai target tersebut, sambung Abdul Gani, sejumlah upaya telah dilakukan. Salah satunya memperluas areal tanam tebu dari saat ini hanya 55 ribu hektar (ha) menjadi 85 ribu ha.

Kemudian, telah dilakukan pula kerja sama oleh PTPN III dengan PT Perhutani dalam pemanfaatan lahan hutan. Tak ketinggalan kerja sama dengan pemerintah daerah untuk optimalisasi tanah bengkok (tanah kas desa), dan juga meningkatkan kemitraan dengan petani tebu.

Baca juga : Bappenas Pastikan Proyek SPAM Pulau Bintan Masuk APBN 2022

Lebih lanjut Abdul Gani bilang, pihaknya sudah berjanji kepada pemerintah. Mulai tahun ini, PTPN akan masuk sektor riil.

Targetnya pada 2024 sebanyak 400 ribu ton gula produksi PTPN akan dijual secara ritel. "Tujuannya agar harga gula di pasaran bisa dikendalikan," ucapnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.