Dark/Light Mode

Jual Beli Aset Kripto Lagi Naik Daun

Pemerintah Gercep Atur Perdagangan Bitcoin Cs

Selasa, 25 Mei 2021 05:50 WIB
Direktur Utama KBI Fajar Wibhiyadi. (Foto: Istimewa)
Direktur Utama KBI Fajar Wibhiyadi. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Jaminan perlindungan, sambung Ibrahim, sangat diperlukan, guna menimbulkan kepercayaan masyarakat atas aset yang diperdagangkan.

Lebih jauh, ia menilai, rencana pembentukan bursa kripto perlu didukung. Karena akan menjadi lembaga penunjang, seperti layaknya lembaga kliring dan penjaminan transaksi yang saat ini sudah ada. “Tapi tetap perlu pengawasan dan perlindungan,” tegas Ibrahim.

229 Aset Kripto

Baca juga : Yasonna Perintahkan Anak Buah Perketat Pintu Keluar Masuk

Aset kripto adalah komoditas tidak berwujud yang berbentuk digital aset. Menggunakan kriptografi, jaringan peer-to-peer, dan buku besar yang terdistribusi, untuk mengatur penciptaan unit baru, memverifikasi transaksi, dan mengamankan transaksi tanpa campur tangan pihak ketiga.

Saat ini di Indonesia terdapat 229 aset Kripto yang boleh diperdagangkan. Sementara di seluruh dunia, terdapat 8.472 aset kripto yang beredar.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), telah menerbitkan Peraturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Nomor 7 tentang Penetapan Daftar Aset Kripto yang Dapat Diperdagangkan di Pasar Fisik Aset Kripto. Peraturan tersebut diterbitkan dan mulai berlaku pada 17 Desember 2020.

Baca juga : Kecam Israel, Demokrat Minta Pemerintah Dorong KTT Luar Biasa OKI

Ketua Bappebti Sidharta Utama mengatakan, Indonesia bersiap memiliki bursa mata uang kripto. Sehingga nanti akan ada perdagangan sejumlah jenis mata uang kripto di dalam bursa tersebut. Bukan hanya Bitcoin, namun juga termasuk Ethereum, Dogecoin, dan Binance Coin.

“Bursa ini fokusnya pada perlindungan pelaku usaha. Agar hubungan antar semua pihak bisa berjalan dengan baik, antara pedagang, investor, maupun dengan lembaga lain bisa jelas dan aman,” jelas Sidharta di Jakarta, Senin (16/5).

Sidharta mengungkapkan, rencana bursa mata uang kripto sudah disetujui oleh Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga dan Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara. Keduanya juga sudah bertemu dan membahas pendirian pasar kripto itu. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.