Dark/Light Mode

BCA Optimis Pertumbuhan Kartu Kredit Tokcer Lagi

Kamis, 3 Juni 2021 22:06 WIB
Peluncuran Kartu Kredit BCA UnionPay. (Foto: ist)
Peluncuran Kartu Kredit BCA UnionPay. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Central Asia Tbk alias BCA optimis pertumbuhan kartu kredit tetap naik meski di tengah pandemi Covid-19. Untuk mendongkrak pertumbuhan tersebut, BCA menggaet UnionPay merilis Kartu Kredit BCA UnionPay.

Diakui Executive Vice President BCA, I Ketut Alam Wangsawijaya, sejak tahun lalu, pertumbuhan kartu kredit memang flat, cenderung lesu. Pasalnya pandemi juga mendorong risiko kredit meningkat.

Namun, pihaknya berupaya terus mengatur dengan baik rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL). Perusahaan berupaya untuk terus berhati-hati dengan akuisisi baru, di mana segmentasinya akan menekan pertumbuhan kartu kredit.

Baca juga : Besok, Pemerintah Sampaikan Keputusan Resmi Soal Haji

"Kartu kredit tumbuh saat normal bisa sampai 10-12 persen. Saat pandemi, paling hanya setengahnya yakni 5-6 persen, karena dipengaruhi ketidakpastian ekonomi terkait adanya pembatasan kegiatan," jelasnya saat konferensi pers peluncuran kartu kredit BCA UnionPay secara virtual, Kamis (3/6).

Ketut menyebut, hingga April 2021, pertumbuhan kartu kredit masih single digit, dan mulai naik di angka 2-3 persen yoy. "Yang pasti sektor yang belum tumbuh itu travel dan wisata ya," sebutnya.

Direktur BCA, Santoso mengatakan, meskipun saat ini kondisi belum pulih seperti sedia kala, BCA harus tetap optimis dalam menjalankan berbagai kegiatan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ada. 

Baca juga : Bantu Target Pertumbuhan Ekonomi, Perbankan Siap Gelontorkan Kredit Industri

BCA sebagai perbankan nasional terus berkomitmen untuk menghadirkan solusi perbankan yang mengakomodir kebutuhan nasabah menjalankan gaya hidup di tengah pandemi. "Ada pun target pengguna Kartu Kredit BCA UnionPay adalah menyasar nasabah yang memiliki gaya hidup dinamis," ungkapnya.

Vice President UnionPay International, Larry Wang menuturkan, UnionPay berusaha meningkatkan produk dan layanan pembayaran untuk memenuhi kebutuhan pembayaran masyarakat dan bisnis lokal. 

Bekerja sama dengan BCA untuk menawarkan kartu kredit ini kepada nasabah dengan gaya hidup yang aktif, petualang dan modern di Indonesia. Fungsi pembayaran contactless kartu ini sangat tepat, mengingat fokus untuk mengurangi kontak langsung selama masa pandemi ini.

Baca juga : Jenderal Listyo Banjir Pujian

"Kami yakin kemitraan kami dengan BCA akan membawa pengalaman pembayaran yang lebih nyaman, mudah dan aman bagi pelanggan kami," pungkasnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.