Dark/Light Mode

Ekonomi Diyakini Cepat Pulih

Ayo Pakai Masker, Biar Kasus Covid Nggak Meledak

Senin, 7 Juni 2021 21:41 WIB
Memakai masker dengan benar, bisa mengurangi risiko Anda terpapar Covid. Lengkapi dengan menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. (Foto: Tedy Kroen/RM)
Memakai masker dengan benar, bisa mengurangi risiko Anda terpapar Covid. Lengkapi dengan menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. (Foto: Tedy Kroen/RM)

 Sebelumnya 
Bed Occupancy Rate (BOR) Nasional rata-rata mingguan mengalami peningkatan 14,07 persen, dibanding rata-rata minggu sebelumnya. Pada 6 Juni, BOR Nasional mencapai 40 persen. 

Ada 14 Provinsi dengan BOR di atas rata-rata nasional, dan 5 Provinsi dengan BOR di atas 50 persen, yaitu: Kalimantan Barat, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, Jambi, dan Riau.

Per 6 Juni 2021, 22 provinsi mengalami tren peningkatan rata-rata pasien yang dirawat di rumah sakit, dibanding rata-rata 2 minggu sebelumnya.

BOR Isolasi dan Intensif ICU di tingkat kabupaten/kota meningkat, seiring peningkatan kasus aktif yang terjadi.

Baca juga : Soal Ledakan Covid Di Malaysia, Dicky Ingatkan Kasus Covid Di RI Nggak Kalah Serem

BOR Isolasi di beberapa kabupaten/kota di Sumatera dan Jawa bahkan melebihi 70 persen. Bahkan, ada yang 100 persen. Seperti di Musi Rawas Utara, Toba Samosir, dan Lanny Jaya.

BOR Intensif (ICU) di beberapa kabupaten/kota juga mencapai lebih dari 70 persen. Bahkan, di Jawa Tengah dan Jawa Barat, ada yang mencapai 100 persen. Seperti di Majalengka dan Rembang.

Ada beberapa daerah atau klaster yang memiliki kenaikan BOR cukup tinggi, contohnya di Kudus dan Bangkalan.

"Kenaikan yang tinggi ini karena ada peningkatan kasus yang spesifik di klaster ini, karena Kudus adalah daerah ziarah. Sedangkan di Bangkalan, banyak terdapat pekerja migran yang pulang dari negara tetangga,” jelas Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Baca juga : Pasien Komorbid Nggak Perlu General Check Up

“Kita mengurai tekanan dan beban yang berada di rumah sakit, dengan cara merujuk pasien yang berat dan sedang ke kota terdekat. Untuk Kudus ke Semarang, sedangkan yang di Bangkalan dirujuk ke Surabaya,” lanjut Budi.

Kepatuhan penggunaan masker di Indonesia juga harus semakin ditingkatkan. Di Sumatera Barat, Jambi, dan DIY mencapai tingkat kepatuhan tertinggi sebesar 91-100 persen.

Kepatuhan 76-90 persen terdapat di Aceh, Banten, dan Jawa Tengah; kepatuhan 61-75 persen terdapat di Jawa Barat, Bangka Belitung, dan Kalimantan Selatan.

Sedangkan yang terkecil, kurang dari 60 persen, ada di Sulawesi Tengah dan Maluku.

Baca juga : Kasus Covid-19 Rawan Meledak

Terkait perekonomian, pemerintah optimis bahwa perekonomian Indonesia akan segera pulih.

“Pemerintah meyakini, di kuartal II ini, kita mampu tumbuh pada range 7-8 persen,” ungkap Airlangga.

Konferensi pers tersebut juga turut dihadiri oleh Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Ganip Warsito. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.