Dark/Light Mode

Pemulihan Ekonomi Bisa Lebih Cepat

Kinerja Manufaktur Melejit

Sabtu, 3 April 2021 05:25 WIB
Ilustrasi Industri Manufaktur. (Foto : Istimewa).
Ilustrasi Industri Manufaktur. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kinerja industri manufaktur bulan Maret 2021 melejit. Hal ini diyakini bisa menopang upaya pemerintah di dalam melakukan pemulihan ekonomi.

Peningkatan sektor manu­faktur terlihat dari indeks manu­faktur atau Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur Indonesia pada Maret 2021 yakni mencapai 53,2. Angka ini meningkat dari level 50,9 pada Februari 2021. PMI Maret 2021 merupakan rekor tertinggi dalam satu dekade terakhir.

Baca juga : Demi Ketahanan Energi, Erick: Kompor Dan Mobil Lebih Hemat Pakai Listrik

Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu menilai, kenaikan PMI menun­jukkan optimisme kelanjutan pe­mulihan aktivitas sektor pengolahan nasional yang didorong ekspektasi peningkatan per­mintaan domestik. Menurutnya, kenaikan permintaan baru akan mendongkrak kapasitas opera­sional. Hal ini akan menghenti­kan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

“Secara umum, produsen di Indonesia masih sangat opti­mistis bahwa produksi akan naik pada tahun mendatang, dengan kepercayaan diri berbisnis men­capai posisi tertinggi dalam 50 bulan terakhir,” kata Febrio, di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Pulihkan Ekonomi Nasional, BI Terus Genjot Transformasi EkSyar

Apalagi, lanjut Febrio, pemerintah juga memberi sejumlah insentif.

“Kebijakan insentif pemerintah (seperti PPnBM untuk kendaraan bermotor) akan men­dukung terwujudnya penciptaan permintaan ini lebih cepat,” ujarnya.

Baca juga : Jangan Cepat Puas, Kinerja Industri Belum Optimal

Selain kenaikan PMI, Febrio yakin, program vaksinasi mem­berikan optimisme kepada pelaku bisnis sektor manufak­tur tentang adanya pemulihan ekonomi. Menurutnya, respons yang semakin positif dari sisi produsen harus dibarengi dengan perbaikan sisi permintaan. Mo­mentum pemulihan ini harus terus dijaga dengan terus mengakselerasi program vaksinasi nasional, pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), dan realisasi belanja negara secara keseluruhan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.