Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Optimis Ekonomi 7 Persen

Jokowi: Sebelum Disodori Teh, Saya Sarapan Angka

Selasa, 8 Juni 2021 08:00 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: Setkab)
Presiden Jokowi. (Foto: Setkab)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sambil menggerak-gerakkan tangan ke atas, tak hanya sekali, tapi berkali-kali, Presiden Jokowi kembali mengutarakan optimismenya, pertumbuhan ekonomi pada kuartal IInanti, bisa tumbuh 7 persen.

“Saya ini ekonom, saya tahu angka-angkanya,” Jokowi meyakinkan para pemimpin redaksi media cetak, online, TV dan radio, yang kemarin, diajak berdiskusi di Istana Negara, Jakarta.

Di depan dan belakang Jokowi duduk, ada TV led besar, berwarna hitam yang entah apa merknya. Deretan angka-angka, grafik berwarna-warni ditampilkan. Mudah dibaca. Mudah dimengerti. Ada garis naik tajam, ada garis menurun drastis, ada garis datar. Ada garis yang naik turunnya landai-landai saja.

Baca juga : Sri Mulyani Lempar Handuk

“Ini terbesar se-ASEAN,” ucap Jokowi menunjuk angka 55,3 Purchasing Manager Index atau PMI per Mei 2021.

“Itu yang warna kuning,” Jokowi mengarahkan para pemimpin redaksi untuk melihat angka tersebut, dengan penuh bangga.

Lewat PMI yang diakuinya tertinggi dalam sejarah ini, menunjukkan ada peningkatan pembelian barang yang terjadi di masyarakat. Jokowi memberi contoh penjualan otomotif yang luar biasa tingginya.

Baca juga : Boleh Optimis, Tapi Sebaiknya Realistis

“Karena pemerintah memberlakuan stimulus Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM),” Jokowi menyampaikan salah satu pemicunya.

Selain PMI yang naik, Jokowi menyebut beberapa indikator lain yang menambah keyakinannya, ekonomi bisa tumbuh 7 persen. Di antaranya, indeks keyakinan konsumen naik, pertumbuhan belanja nasional juga naik.

“Yakin Pak, bisa 7 persen? Karena ada beberapa pihak yang meragukan target itu?” Menjawab pertanyaan itu, Jokowi langsung duduk tegap. Kaki yang tadinya melipat, langsung sikap sempurna. “Saya yakin, target ini tercapai. Bagaimana caranya? Ini tugas kita bersama,” kata Jokowi yang melepas masker sebelum mendekat ke mic.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.