Dark/Light Mode

Optimis Ekonomi 7 Persen

Jokowi: Sebelum Disodori Teh, Saya Sarapan Angka

Selasa, 8 Juni 2021 08:00 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: Setkab)
Presiden Jokowi. (Foto: Setkab)

 Sebelumnya 
Jokowi terlihat pede alias percaya diri sekali saat bicara itu. Bukan tanpa alasan, Jokowi menunjukkan sikap itu. Karena setiap hari, sebelum melakukan aktifitas apapun, Jokowi sudah membaca data-datanya secara teliti, cermat dan akurat.

“Saya ini, tiap hari sarapannya angka-angka ini, sebelum teh disodorin ke saya, angka-angka ini yang disodorkan ke saya,” Jokowi bercerita kesehariannya bergelut dengan data-data ekonomi, sambil tersenyum kecil.

Dan, tak cukup baca angka-angka itu, Jokowi mengaku rajin mengkonfirmasi ke pihak-pihak terkait. Bank Indonesia (BI) diajak diskusi, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) diajak ngobrol, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) diajak bincang-bincang. Tak lupa juga, dengan Menteri Keuangan.

Baca juga : Sri Mulyani Lempar Handuk

Hanya soal ekonomi yang akan tumbuh 7 persen yang bikin Jokowi semringah? Banyak isu lainnya yang membuat Jokowi tersenyum lebar. Tapi, tak bisa ditulis di sini. Misalnya, ada soal bosen ditanya soal isu presiden 3 periode, ada warning ke menteri parpol agar terus mengutamakan pekerjaan di banding urusan copras-capres atau pilkada, ada soal kepastian dana haji yang tak dipakai untuk proyek infrastruktur, ada juga soal ke mana Letjen Doni Monardo setelah tak lagi menjabat Kepala BNPB.

Soal pandemi Corona? Isu ini yang paling duluan disampaikan Jokowi. Sambil menunjuk layar TV, Jokowi mewanti-wanti jangan sampai yang dialami India, juga di negara tetangga, terjadi di sini. “Hati-hati,” Jokowi mengulang berkali-kali kata-kata itu, dengan wajah sangat serius. Namun, wajahnya kembali berseri-seri meski nampak memerah karena suasana di ruangan begitu panas. “PPKM Mikro benar-benar efektif,” katanya.

Airlangga Pede Ekonomi 8 Persen

Baca juga : Boleh Optimis, Tapi Sebaiknya Realistis

Seperti Presiden Jokowi, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto punya keyakinan besar ekonomi di kuartal II akan tumbuh positif.

“Antara 7 sampai 8 persen,” kata Airlangga.

Pernyataan itu disampaikannya Airlangga saat konferensi pers virtual dari Istana Kepresidenan, Jakarta, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.