Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cegah Covid-19, Polda Banten Larang Wisatawan Luar Daerah Masuk

Sabtu, 15 Mei 2021 09:43 WIB
Ilustrasi pos penyekatan. (Foto: ist)
Ilustrasi pos penyekatan. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Polda Banten mendirikan delapan pos penyekatan  untuk mencegah wisatawan luar Banten masuk. Hal ini untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Banten.

"Kami minta petugas dapat mengantisipasi lonjakan wisatawan," kata Wakapolda Banten Brigjen Pol Ery Nursatari, dikutip dari Antara, Sabtu (15/5).

Menurut Ery, kapasitas lokasi wisata harus dibatasi dan tidak boleh terjadi kerumunan massa. Pengunjung kawasan wisata dibatasi 50 persen dan jika melebihi 50 persen, maka dilakukan penutupan.

Baca juga : Lebaran Bareng Pasien Covid yang Dikarantina, Walkot Semarang Bawain Opor Ayam

Selain itu, harus menerapkan protokol kesehatan dan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan untuk mencegah pandemi Covid-19. 

Begitu juga pengelola wisatawan kepada karyawannya bisa menerapkan prokes dan 3M serta menyediakan sarana mencuci tangan serta menindak pengunjung yang tidak memakai masker.

"Kami berharap petugas bertindak terhadap wisatawan dari luar wilayah Banten untuk putar balik," bebernya.

Baca juga : Antisipasi Covid-19, Menag Akan Takbiran Dan Shalat Id Di Rumah Saja

Kebijakan pembatasan itu, kata dia, merupakan keputusan bersama dan sudah ada aturannya untuk mencegah pandemi Covid-19.

Para wisatawan yang boleh mengunjungi lokasi wisata hanya untuk masyarakat Banten dan warga dari luar daerah dilarang masuk ke kawasan wisata di Banten.

Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi mengatakan, berdasarkan surat edaran dari Ketua Satgas Covid nasional dan Menteri Perhubungan bahwa untuk lokasi wisata yang tetap dibuka hanya diperuntukkan bagi wisatawan lokal.

Baca juga : Gegara Covid-19, Banyak Warga Jepang Meninggal Di Rumah

Namun, kata dia, pihaknya mengimbau seluruh masyarakat tetap berlebaran di rumah saja dan tidak meninggalkan daerahnya untuk ke daerah yang lain. "Kalau pun berwisata, silakan wisata lokal daerah masing-masing. Tujuannya dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19," tukasnya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.