Dark/Light Mode

Konsumsi Pertamax Cs Naik, Bukti Masyarakat Suka BBM Ramah Lingkungan

Rabu, 9 Juni 2021 12:01 WIB
Direktur Energy Watch Mamit Setiawan. (Foto: ist)
Direktur Energy Watch Mamit Setiawan. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) ramah lingkungan seperti Pertamax Cs; Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo di berbagai daerah terus meningkat.

Direktur Eksekutif Energy Watch, Mamit Setiawan mengatakan, peningkatan konsumsi BBM ramah lingkungan merupakan kabar baik yang mengindikasikan, edukasi Pertamina ke masyarakat berhasil. Terutama, dalam Program Langit Biru (PLB). 

"Saya kira ini hal menggembirakan ketika masyarakat kita sudah mulai beralih ke BBM dengan RON (Research Octane Number) yang lebih tinggi. Ini membuktikan bahwa edukasi yang disampaikan sudah berhasil dengan baik sehingga kesadaran semakin kuat," kata Mamit ketika dihubungi wartawan, Rabu (9/6). 

Baca Juga : Kasus Cukai, KPK Periksa Komisaris Bintan Erlangga Eka Raharja

Masyarakat, kata Mamit, sudah mulai memahami keunggulan dari penggunaan BBM dengan oktan tinggi. Salah satunya performa mesin menjadi lebih optimal.

"Kompresi mesin menjadi lebih optimal. Selain itu, jarak tempuh menjadi lebih jauh sehingga pengguna BBM RON tinggi menjadi lebih hemat," katanya. Selain itu, mesin menjadi lebih bersih dan awet sehingga bisa lebih menghemat biaya perawatan. 

Karena itu, dia menyarankan, Pertamina tetap perlu melanjutkan program langit biru ke seluruh wilayah di Indonesia serta tetap memberikan promo promo menarik agar semakin memikat konsumen. "Seperti pemberian diskon dengan menggunakan aplikasi MyPertamina atau promo promo lain," imbaunya. 

Baca Juga : Ekspansi Bisnis, Waskita Realty Terbitkan MTN Rp 250 M

Selain itu, Pemerintah perlu mendukung program langit biru karena punya komitmen untuk mengurangi emisi gas buang tidak ramah lingkungan seperti tercantum pada perjanjian paris agreement.

Sebelumnya, PT Pertamina merilis konsumsi BBM non subsidi ramah lingkungan sejak pemberlakuan program langit biru di berbagai daerah. Mulai Jawa, Sumatera, hingga Kalimantan.

Unit Manager Communication, Relations dan CSR Pertamina Regional Sulawesi, Laode Syarifuddin Mursali mengatakan, di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, penggunaan BBM non subsidi mengalami tren peningkatan secara signifikan.

Baca Juga : Tahapan Pemilu Dimulai 2022, Menteri Asal PKB Dipastikan Tetap Fokus Kerja

"Tercatat, dalam dua bulan terakhir konsumsi BBM ramah lingkungan (Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo) di Makassar berada pada proporsi 88,1 persen, dari total BBM jenis Gasoline yang dikonsumsi oleh pengguna kendaraan," ungkapnya. 
 Selanjutnya