Dark/Light Mode

Peringati Waisak,

Sekjen PDIP Ajak Masyarakat Perkuat Spiritualitas Bangsa

Rabu, 26 Mei 2021 20:53 WIB
Hasto Kristiyanto (Foto: Ist)
Hasto Kristiyanto (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PDI Perjuangan (PDIP) menyampaikan Selamat Hari Tri Suci Waisak. Perayaan Waisak diharapkan memperkuat spiritualitas yang membangun kesadaran budi pekerti, upaya menjaga keseimbangan seluruh alam raya, dan tekad menebar kebaikan melalui dharma. Dengan begitu, setiap makhluk berbahagia dapat semakin diwujudkan.

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto di Jakarta, Rabu (26/5). Bagi PDIP, menurut Hasto, Hari Raya Waisak mengingatkan pada tiga peristiwa suci dalam kehidupan Buddha Gautama, yaitu kelahiran, pencapaian pencerahan sempurna, dan parinirvana Sang Buddha. Tiga peristiwa suci itu terjadi pada hari purnamasidi, Bulan Waisak.

Baca juga : Peringati Waisak, Menag Pesan Eratkan Persaudaraan Antar Sesama

“Bulan purnama yang menyertai peringatan Tri Suci Waisak penuh tradisi kontemplasi yang semakin memperkuat spiritualitas bangsa. Nusantara adalah negeri spiritual yang begitu kaya dengan tradisi yang begitu hidup guna menjabarkan kehendak Sang Pencipta dalam kehidupan anak bangsa yang toleran, dan mengedepankan semangat ber-Bhinneka Tunggal Ika,” kata Hasto.

Lebih jauh, Hasto menekankan bahwa sebagai rumah besar kaum nasionalis, PDIP menjadikan prinsip Ketuhanan Yang Maha Esa untuk diwujudkan bersama dengan prinsip lainnya. Khususnya, kemanusiaan, persatuan-kebangsaan, musyawarah mufakat, keadilan sosial. Bagi PDIP, menurut Hasto, dalam setiap peringatan hari besar agama, termasuk Tri Suci Waisak, keseluruhan aspek kemanusiaan diekspresikan guna meneladani sifat Tuhan dalam kehidupan berbangsa.

Baca juga : Wamenag Ajak Pemuda Kristen Ikut Perkuat Moderasi Beragama

“Karena itulah agama selalu mengajarkan kebaikan dan menjauhkan menjauhkan berbagai bentuk kekerasan. Agama juga menjauhkan diri dari berbagai tindakan yang memecah belah bangsa. Sebaliknya agama mengajarkan welas asih, budi pekerti, kerendahan hati, dan hasrat untuk selalu berbuat kebaikan bagi kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara. Selamat merayakan Tri Suci Waisak,” demikian Hasto. [EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.