Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dukung Bisnis KAI

Bank Mandiri Gelontorkan Dana Talangan Rp 200 M

Rabu, 16 Juni 2021 07:50 WIB
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyiapkan pembiayaan kredit talangan (Kreta) bagi supplier atau vendor mitra PT Kereta Api Indonesia (KAI). (Foto : Dok. Bank Mandiri).
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyiapkan pembiayaan kredit talangan (Kreta) bagi supplier atau vendor mitra PT Kereta Api Indonesia (KAI). (Foto : Dok. Bank Mandiri).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyiapkan pembiayaan kredit talangan (KRETA) ke­pada supplier/vendor dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) alias KAI. Sinergi keduanya diharapkan mendorong kontri­busi BUMN untuk bangkit dari dampak pandemi Covid-19.

Tujuan pemberian dana talangan ini untuk mempercepat penerimaan pembayaran sup­plier/vendor mitra KAI. Se­hingga dapat meningkatkan pengelolaan likuiditas. Kredit ini juga bisa digunakan untuk membiayai modal kerja para supplier/vendor dari KAI.

Bank Mandiri menyetujui perpanjangan jangka waktu fasilitas Kredit Jangka Pendek senilai Rp 2 triliun dan Fasili­tas Non Cash Loan sebesar Rp 2 triliun. Kedua fasilitas digunakan untuk membiayai operasional perusahaan.

Baca juga : “Mentan Sukses Jaga Stabilitas Pangan 2020”

Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Susana Indah K Indriati mengatakan, kerja sama antar kedua BUMN ini, merupakan sinergi strategis antar BUMN. Khususnya di bidang transportasi darat. Serta turut mendukung kesuksesan percepatan Pemulihan Eko­nomi Nasional (PEN).

Inisiatif pembiayaan value chain ini, kata Indah, diharapkan dapat membantu sup­plier/vendor dari Kereta Api Indonesia dalam mendapatkan percepatan penerimaan pem­bayaran. “Sehingga ini akan meningkatkan likuiditas keuangan dan kualitas pengadaan barang maupun jasa kepada KAI,” katanya.

Bank Mandiri menargetkan dapat menyalurkan kredit ke­pada supplier/vendor Kereta Api Indonesia sebesar Rp 200 miliar. Dan tidak menutupke­mungkinan akan terus bertam­bah, seiring dengan berkem­bangnya kerja sama antara kedua BUMN.

Baca juga : Dukung Pelaku Usaha, KAI Dan Bank Mandiri Percepat Pembiayaan Kredit

“Bank Mandiri siap men­dukung pengembangan usaha serta rencana-rencana bisnis strategis dari KAI,” ujar Indah.

Melihat kondisi perekonomian Indonesia di tengah pandemi Covid-19 ini, Indahme­nilai hal tersebut akan menjadi benefit bagi supplier/vendor. Terutama untuk menjaga li­kuiditas keuangan demi kelan­caran kualitas pengadaan ba­rang maupun jasa kepada KAI.

Pembiayaan ini, lanjutnya, merupakan bentuk konsistensi Bank Mandiri dalam mendu­kung sektor bisnis menengah. Mengingat program ini dapat membantu memberikan solusi permodalan bagi pelaku usaha yang terdampak Covid-19, agar roda perekonomian dapat terus berjalan.

Baca juga : Cetak SDM Berkualitas, Menko Muhadjir Minta Tambahan Anggaran Rp 47 M

Direktur Keuangan KAI Salusra Wijaya menambahkan, dengan adanya dukungan dari Bank Mandiri ini, diharap­kan para supplier dan vendor KAI dapat memanfaatkannya dalam rangka menjaga likui­ditas perusahaan.

“Dukungan ini kami beri­kan kepada para supplier dan vendor perusahaan, termasuk para UMKM, yang selama ini menjadi mitra KAI dalam hal penyediaan barang dan jasa pe­rusahaan,” kata Salusra. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.