Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Senayan Apresiasi Kementan Kembali Raih WTP Dari BPK

“Mentan Sukses Jaga Stabilitas Pangan 2020”

Rabu, 16 Juni 2021 07:00 WIB
Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo. (Foto: Dok. Kementan)
Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo. (Foto: Dok. Kementan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi IV DPR mengapresiasi keberhasilan Kementerian Pertanian (Kementan) mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Tahun 2020. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo juga dinilai sukses menjaga stabilitas pangan di Tahun 2020.

“Tentu (predikat WTP dari BPK) ini suatu hal yang bagus. Nah tentu kita apresiasi karena menunjukkan (laporan keuangan) Kementan cukup baik,” kata Anggota Komisi IV DPR Ono Surono, di Jakarta, Selasa (15/6/2021).

Ono menilai, salah satu kendala yang dihadapi Kementan saat ini adalah persoalan dukungan anggaran yang terus mengalami penurunan jika dibandingkan tahun sebelumnya sejak 2015. Namun untungnya, dengan dana yang ada, Kementan tetap mampu mengupayakan peningkatan produksi dan mengangkat kesejahteraan petani.

Baca juga : Pengelolaan Arsip Kementan Raih Penghargaan Sangat Memuaskan

“Dalam hal ini mungkin bisa kita lihat misalnya terkait dengan tanaman pangan, padi, jagung, kedelai, yang saya lihat sekarang dengan lahan yang semakin menyusut tetapi ada peningkatan produksi. Ini menunjukkan kinerja Kementan sudah cukup baik,” katanya.

Dia pun berharap, Kementan bisa lebih mendorong petani untuk menggenjot produktifitas komoditi-komoditi pertanian yang pemenuhan kebutuhannya terpaksa masih impor seperti kedelai, bawang putih, sapi dan gula. “Tentu ini menjadi PR kita semua agar anggaran bisa fokus juga kesana,” tambah dia

Anggota Komisi IV DPR Hermanto juga memberikan apresiasi atas torehan Opini WTP yang diraih Kementan. Ini menunjukkan bahwa kinerja laporan dan pengelolaan keuangan Kementan dilakukan secara akuntabel, transparan dan sesuai standar akuntansi pemerintah.

Baca juga : Lampaui Target, Mentan Sukses Jaga Stabilitas Pangan Di 2020

“Tentu opini WTP ini merupakan penilaian yang sangat baik yang diberikan BPK kepada Kementan dan menandakan dalam hal penggunaan anggaran ada kesesuaian antara yang dituntut dengan yang dikelola,” katanya.

Hermanto menilai Menteri Syahrul sukses menjaga stabilitas pangan sepanjang Tahun 2000. Ketika hampir semua sektor ekonomi mengalami pertumbuhan mines, sektor pertanian justru mampu jadi penopang perekonomian dengan tetap tumbuh positif. Kinerja yang baik ini ditunjukkan justru saat pandemi Covid-19 sedang di puncak-puncaknya. “Tentu ini point yang bagus bagi Kementan dalam pengelolaan di 2021 dan tentu menuju 2022. Tentu saya sebagai Anggota (Komisi IV DPR) berharap dengan WTP ini, kinerjanya bisa jauh lebih baik dari sebelumnya. Saya juga mendorong agar anggaran Kementan terus ditingkatkan,” tambah dia.

Sebagaimana diketahui, Kementan kembali mendapat Opini WTP atas hasil pemeriksaan Laporan Keuangan 2020 oleh BPK. Opini WTP ini diperoleh Kementan untuk ke lima kalinya secara beruntun sejak tahun 2016.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.