Dark/Light Mode

Kembangkan Smart City, Pemkot Palu Gandeng BNI Terapkan Solusi Terintegrasi

Rabu, 16 Juni 2021 15:54 WIB
Penandatangan kerjasama BNI dengan Pemkot Palu dalam pengembangan Smart City. (Foto: Dok. BNI)
Penandatangan kerjasama BNI dengan Pemkot Palu dalam pengembangan Smart City. (Foto: Dok. BNI)

 Sebelumnya 
Lebih lanjut Susi mengatakan dalam rangka mendukung arahan dari Presiden Joko Widodo tersebut, BNI memberikan solusi 6 (enam) konsep utama dalam Smart City, yaitu: Smart People, Smart Governance, Smart Infrastructure, Smart Environment, Smart Economy dan Smart Society.

Program Smart City BNI tidak hanya berfokus pada pengembangan Ekosistem pada Kabupaten/Kota tujuan. Namun, turut mendukung untuk program digitalisasi Kabupaten/Kota dimana perusahaan memberikan beberapa solusi bagi pemerintah Kota dan Kabupaten.

Baca juga : Kembangin 5G Untuk Industri, Telkomsel Gandeng Schneider Electric

Misalnya Solusi Pembayaran/Belanja Daerah (Internet Banking Corporate atau BNIDirect, SP2D Online, dan Virtual Account Debit), Solusi Penerimaan (e-PBB, e-PDAM, e-PAD, e-Samsat, dan e-Retribusi), BNI Marketplace yang membantu pemerintah kota/kabupaten dalam mempromosikan pariwisata daerah dan produk-produk UMKM dan memasarkan secara online.

Selain itu penyediaan oembayaran digital melalui BNI Mobile Banking, TapCash dan QRIS bagi masyarakat dan pemerintah daerah, untuk meningkatkan transaksi non tunai atau cashless society.

Baca juga : Mentan Syahrul Ajak Petani Muda Terapkan Teknologi Smartfarming

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid mengungkapkan, ini sejarah bagi Kota Palu karena kali pertama membangung smart city melalui MoU dan PKS mengenai pengelolaan pajak daerah bersama BNI. 

Hadianto mengatakan kerja sama ini akan semakin menguatkan pengelolaan keuangan daerah agar bisa berjalan secara profesional.

Baca juga : Sajiku Kembali Kenalkan Varian Baru Tepung Bumbu Tempe Crispy

"Komitmen kami, moga-moga ini bisa berjalan dengan baik dan semakin berkembang dalam semua hal. Membawa Kota Palu menjadi kota yang maju dan membanggakan Indonesia. Insha Allah Kota Palu akan menjadi kota percontohan,” pungkas Hadianto. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.