Dark/Light Mode

Nempel Langsung Sama Kudus

Ganjar Minta Demak Segera Nambah Tempat Isolasi Terpusat

Selasa, 8 Juni 2021 19:04 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau penanganan Covid di Demak, yang berbatasan langsung dengan Kudus, Selasa (8/6). (Foto: Humas Jateng)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau penanganan Covid di Demak, yang berbatasan langsung dengan Kudus, Selasa (8/6). (Foto: Humas Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta Pemkab Demak menyiapkan tiga hal penting terkait penanganan Covid, mengingat wilayahnya yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kudus.

Di Demak, Ganjar mengunjungi Desa Tugu Lor, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak. Di sana, terdapat 26 orang terpapar Covid-19, yang semuanya melakukan isolasi mandiri.

Baca juga : Rumah Dinas Pejabat Cocok Jadi Tempat Isolasi Darurat

"Pertama, siapkan tempat isolasi terpusat. Saat ini sudah ada di dua tempat, tapi kalau saya lihat, jumlahnya pasti kurang. Maka, saya minta untuk yang skenario gedung ke 3,4,5 sampai kemudian pada skenario terburuk,” kata Ganjar saat roadshow Kudus-Demak, Selasa (8/6).

Skenario terburuk yang dimaksud adalah jika terjadi ledakan kasus, dan Pemkab Demak kewalahan. Sehingga, pemprov bisa mengintervensi dan menjemput pasien untuk dibawa ke tempat isolasi terpusat yang disiapkan.

Baca juga : Jasa Marga Segera Berlakukan Tarif Tol Serpong-Pamulang

"Kedua, saya minta penambahan tempat tidur. Meskipun ledakannya tidak seperti di Kudus, tapi mesti siap-siap karena Demak ini nempel. Sehingga tempat tidur maupun ICU untuk isolasi rumah sakit, saya minta untuk ditambah,” tegasnya.

Yang ketiga, Ganjar meminta seluruh komponen masyarakat, seperti TNI, Polri serta tokoh agama, membantu mengedukasi warga. Sehingga, tidak ada cerita menolak diisolasi terpusat.

Baca juga : Belgia Sentimen Ke Sawit, Herman Khaeron Minta Pemerintah Balas

“Selebihnya kita minta untuk koordinasi, maka sistem informasi ini perlu diberikan kepada publik, agar mereka tahu. Rumah sakit di sini tempat tidurnya masih ada berapa, sehingga masyarakat aware pada kondisi ini,” tutur Ganjar.

Ganjar berharap, baik Demak maupun Kudus bisa saling membantu. Seperti Kota Semarang, yang sudah membantu dengan menerima pasien rujukan dari Kudus. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.