Dark/Light Mode

Latih Mahasiswa Berbisnis

APP Sinar Mas Mau Cetak Wirausaha Baru

Minggu, 28 April 2019 05:31 WIB
Managing Director Sinar Mas Saleh Husin membuka acara penganugerahan SiDU YEF 2019. (Foto: APP Sinar Mas)
Managing Director Sinar Mas Saleh Husin membuka acara penganugerahan SiDU YEF 2019. (Foto: APP Sinar Mas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memegang peran penting dalam perekonomian Indonesia. Namun, persentase pengusaha di Indonesia masih terbilang rendah, hanya sekitar 3,10 persen dari total jumlah penduduk.

Menyadari kondisi tersebut, Kertas Fotokopi Sinar Dunia (SiDU), salah satu produk unggulan Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas menggelar SiDU Youth Entrepreneurs Forum (YEF) 2019 untuk mencetak lahirnya para pengusaha muda baru. SiDU YEF 2019 memiiki tiga aktivitas utama, yaitu SiDU Kompetisi Ide Bisnis, Campus Talk, dan Entrepreneurs Workshop yang dilaksanakan sejak 28 Februari – 26 April 2019.  

Head of Domestic Cultural Business Unit APP Sinar Mas Santo Yuwana mengatakan, program ini fokus pada pembekalan pengetahuan, keterampilan berwirausaha, kesiapan mental, dan motivasi bagi para mahasiswa yang memiliki minat berwirausaha. "SiDU berkomitmen untuk terus mendukung kemajuan Indonesia, salah satunya di sektor wirausaha. Oleh sebab itu, kami menyelenggarakan SiDU YEF 2019 dengan harapan dapat membantu mahasiswa membangun bisnisnya,” ujarnya di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Bekraf Gelar Kompetisi Jaring Wirausaha Muda

SiDU Kompetisi Ide Bisnis berhasil merangkul 303 ide bisnis dari para mahasiswa yang tersebar di 28 kota. Ide bisnis terdiri dari lima kategori yaitu teknologi, industri kreatif, agribisnis, kuliner, dan jasa. Di mana 50 ide yang terpilih berkesempatan mengikuti SiDU Entrepreneurs Workshop.

“Mahasiswa dibekali cara menentukan model bisnis, menyusun strategi pemasaran, menyusun rencana keuangan, serta bekal penting lainnya agar dapat mewujudkan ide bisnis mereka,” ujarnya.  

CEO Radja Cendol Danu Sofwan menjadi yang menjadi salah satu pembicara berbagi mengenai pengalaman suksesnya membuka 780 outlet dengan omzet miliaran. Dari pengalamannya merintis usaha, konsistensi dan kesiapan mental saat menjalankan bisnis sangat penting.

Baca juga : Bank Sinarmas Layani 3,9 Juta Transaksi VA

“Tekad, nekat, dan semangat saja belum cukup. Perlu dukungan ilmu sebagai pemicu perkembangan dalam berbisnis. Hal itu pula yang saya coba tekankan kepada para mahasiswa di workshop ini,” katanya.

Selain mengikuti workshop, tiga ide bisnis terbaik dalam SiDU Kompetisi Ide Bisnis juga mendapat penghargaan dan hadiah jutaan rupiah dalam puncak acara SiDU YEF 2019. Para juri terdiri dari Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) Hari Santosa Sungkari, CEO Group of Media, Kompas Gramedia Andy Budiman, dan Pendiri Ceritera.id Edward Suhadi.

“Saya sangat bangga dengan ide-ide yang muncul dari para mahasiswa, dan semakin meyakinkan saya bahwa anak-anak muda Indonesia punya potensi besar dalam sektor UMKM serta industri kreatif,” ujar Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) Hari Santosa Sungkari.

Baca juga : Ekspor Otomotif Indonesia Cetak Rekor Baru

“Program ini juga sejalan dengan program kerja Bekraf untuk menumbuhkan minat berwirausaha di kalangan generasi muda Indonesia. Kami sangat menyambut baik setiap inisiatif swasta dalam mendukung program pemerintah Indonesia," tambah Hari. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.