Dark/Light Mode

Perkuat Konsep Airport Of The Future

AP II Siapkan Super Apps

Selasa, 22 Juni 2021 07:00 WIB
AP II mengarah­kan pengembangan bandara kelolaannya menjadi Airport of The Future. (Foto : Istimewa).
AP II mengarah­kan pengembangan bandara kelolaannya menjadi Airport of The Future. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura II (Per­sero) atau AP II mengarah­kan pengembangan bandara kelolaannya menjadi Airport of The Future. Yakni, suatu konsep yang mengutamakan teknologi dalam pengelo­laan bandara, termasuk aspek pelayanan.

President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, pihaknya tengah mempertajam penetrasi Airport of The Fu­ture pada aspek pelayanan, dengan mempersiapkan aplikasi mobile travelin menjadi super app. Aplikasi itu bisa di-download di App Store (iOS) dan Play Store (Android).

Dengan begitu, super app travelin menjadi solusi bagi penumpang pesawat untuk mendapatkan berbagai pelayanan dan kebutuhan di ban­dara kelolaan AP II.

Baca juga : Angkasa Pura II Siapkan Aplikasi Super App

Super app travelin akan menjadi suatu State of The Art Technology bagi AP II di bi­dang pelayanan bandara. Dan menjadi single platform dengan multi-content dan multi-application yang digunakan oleh multi-user,” ujar Awaluddin melalui siaran pers, Jumat (18/6).

Ia menjelaskan, super app travelin menjadi game chang­er untuk aspek pelayanan kebandarudaraan. Termasuk di tengah pandemi Covid-19 ini, untuk mewujudkan seamless journey experience. Dan sangat diharapkan dapat berkon­tribusi maksimal pada pertum­buhan sektor penerbangan dan pariwisata.

Karenanya, realisasi travelin menjadi super app di­harapkan dapat diwujudkan pada Juli 2021.

Baca juga : Perkuat Ekonomi Mikro Syariah, OJK Luncurin BWM Ponpes Cipasung

“Saat ini progres berjalan baik. Sejumlah layanan atau fitur baru sedang diintegrasi­kan, untuk melengkapi fitur existing,” katanya.

Awaluddin berharap, dengan penerapan konsep terse­but dapat menciptakan efisien­si dan meningkatkan standar pelayanan.

Dalam menerapkan kon­sep tersebut, pihaknya sudah melakukan sejumlah inisiatif melalui pembangunan gedung Airport Operation Control Center (AOCC) dan penerapan Airport Collaborative Decision Making (A-CDM) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Yang juga dijadikan wadah kolaborasi seluruh stakeholder.

Baca juga : Buntut Konvoi Suporter, Polisi Tetapkan Satu Tersangka

Saat ini aplikasi mobile app travelin sudah di-download sebanyak 415.000 user jasa bandara melalui platform Appstrore (iOS) dan Play Store (Android).

“Tahun ini ditargetkan jum­lah download dapat mencapai 1 juta user,” tukasnya. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.