Dark/Light Mode

Mau Buka Pertashop, Ini Cara Dan Biayanya

Kamis, 24 Juni 2021 13:31 WIB
Pertashop. (Foto: ist)
Pertashop. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertamina Patra Niaga Sub Holding Comercial and Trading memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin membuka Pertashop.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Sub Holding Comercial and Trading, Putut Andriatno mengatakan, untuk membuka usaha ini membutuhkan modal yang kecil. Selain itu, ada jaminan ketersediaan bahan bakar, takaran dan kualitas BBM, serta lahan yang diperlukan tidak terlalu luas.

"Selain mudah, bagi yang ingin bermitra juga bisa merasakan keuntungan lainnya yakni dukungan fasilitas pembiayaan, baik KUR maupun kredit dari Bank Himbara," ujar kepada Wartawan, Rabu (23/6).

Baca juga : Zona Merah, Klaten Haramkan Hajatan Dan Tutup Obyek Wisata

Ia menjelaskan, Pertashop merupakan salah satu lembaga penyaluran resmi Pertamina skala kecil untuk melayani kebutuhan konsumen terhadap BBM, LPG, dan produk ritel lainnya yang belum terlayani lembaga penyalur Pertamina Lainnya. 

"Kami mengutamakan lokasi pelayanan di desa atau di kota. Dari segi perizinan usaha tidak ribet alias sangat sederhana," katanya 

Tak kalah penting, produk yang ditawarkan dari Pertashop yakni produk berkualitas seperti Pertamax, Dexlite, Bright Gas dan Pelumas Pertamina. 

Baca juga : Manut Arahan Pemerintah, Panitia Tak Masalah Tunda Munas Kadin

Dikutip dari laman resmi kemitraan Pertamina, ada dua skema bisnis membuka usaha Pertashop atau SPBU mini Pertamina yakni skema DODO dengan biaya investasi dan biaya operasional seluruhnya ditanggung mitra. 

Untuk skema pertama, biaya yang diperlukan untuk investasi awal dan operasional adalah sebesar Rp 250 juta. Skema kedua adalah CODO atau biaya investasi dilakukan oleh Pertamina, sementara mitra hanya cukup mengeluarkan biaya untuk kebutuhan operasi. Modal yang dibutuhkan untuk skema kedua yakni sekitar Rp 80 juta. 

Pertamina juga memiliki ketentuan luas minimum dan kapasitas tangki untuk membuka bisnis Pertashop. Contohnya, untuk membuka usaha Pertashop Gold, maka luas minimum yang diperlukan yakni kurang lebih 210 meter persegi atau 15 x 14 meter.

Baca juga : Gabung Barca, Depay : Impian Itu Jadi Nyata

Lalu, tangki penyimpanan memiliki kapasitas 3 KL upper ground dengan omzet rekomendasi sebesar 400 liter per harinya.

Adapun, bagi masyarakat yang berminat membuka bisnis Pertashop Pertamina bisa mengikuti prosedur pendaftaran online melalui laman web https://ptm.id/MitraPertashop. Kemudian, calon mitra dapat memilih menu Informasi Pendaftaran dan klik pada tombol “Daftar Sekarang”.

Setelah itu, tinggal input data-data yang dibutuhkan. "Atau bagi yang ingin menjadi mitra cukup hubungi call center 135," sambungnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.