Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hore, Naik Garuda Bisa Divaksin Covid Gratis

Kapan Penumpang Kereta Dan Kapal Pelni Menyusul

Jumat, 2 Juli 2021 05:18 WIB
Garuda Indonesia Sediakan Fasilitas Vaksinasi Covid-19 di Bandara Soetta. (Foto : Istimewa).
Garuda Indonesia Sediakan Fasilitas Vaksinasi Covid-19 di Bandara Soetta. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menyediakan layanan vaksinasi Covid-19 untuk para calon penumpangnya. Layanan ini diharapkan bisa mempercepat program vaksinasi nasional.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menerangan, penumpang yang bisa mengakses layanan itu harus berusia 18 tahun ke atas. Menu­rutnya, jenis yang digunakan, vaksin Sinovac.

“Untuk jumlah dosisnya berapa banyak, kami belum tahu. Yang pasti kami akan menyesuaikan dengan keterse­diaan alokasi dosis vaksin yang disediakan otoritas terkait,” ujarnya saat dikonfirmasi Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Cisompet Garut Terapkan Pembatasan Sosial Berskala Mikro

Layanan vaksinasi dimulai sejak Rabu (30/6) pada pu­kul 08.00-14.00 WIB di area customer service Garuda In­donesia Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta. Vaksin ini dapat diakses secara cuma-cuma, alias gratis. Calon penumpang hanya perlu menun­jukan tiket penerbangan Garuda Indonesia serta Kartu Tanda Pengenal (KTP).

Ia menuturkan, saat ini layanan baru ada di Jakarta. Diharap­kannya, layanan vaksinasi terse­dia di bandara-bandara lainnya.

Dalam implementasinya, layanan vaksinasi ini akan dilak­sanakan oleh tenaga kesehatan profesional dari Garuda Sentra Medika (GSM). Dipastikannya, pelaksanaan program vaksinasi ini tentunya akan mengacu pada pe­tunjuk pelaksanaan prosedur vak­sinasi untuk jenis vaksin Sinovac. “Termasuk ketentuan screening penerima vaksin mengacu pada ketentuan yang berlaku,” katanya.

Baca juga : Pastikan Penyelenggaranya Cek Keaslian Sertifikatnya

Irfan menuturkan, layanan vaksinasi ini tak terlepas dari dukungan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan otoritas kesehatan terkait, yang mem­percayakan perseroan untuk ikut serta dalam menyukseskan program vaksinasi nasional.

“Kami percaya program vak­sinasi ini merupakan “game changer” yang memegang peranan penting dalam upaya penanggulangan pandemi di In­donesia. Dan sudah seharusnya mendapatkan dukungan penuh semua pihak,” ucapnya.

Pengamat dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno mengapresiasi layanan vaksinasi untuk penum­pang pesawat. Diharapkannya, penyediaan layanan vaksinasi tersebut bisa diimplementasikan di tempat-tempat perjalanan lain­nya, tidak hanya di bandara.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.