Dark/Light Mode

Indonesia Bazaar 2021, BNI Boyong Produk Kreatif UMKM Ke Tokyo

Kamis, 8 Juli 2021 13:25 WIB
Ilustrasi Cabang BNI di Tokyo. (Foto: Dok. BNI)
Ilustrasi Cabang BNI di Tokyo. (Foto: Dok. BNI)

 Sebelumnya 
Saat ini, di Tokyo masih memungkinkan dilaksanakan pameran offline seperti ini karena status state of emergency terkait Covid-19 di Tokyo sudah diakhiri sejak 20 Juni 2021.

Walaupun demikian, kegiatan Indonesia Bazaar 2021 ini tetap memperhatikan protokol kesehatan. Indonesia Bazaar ini dilaksanakan selama satu bulan penuh sejak tanggal 1 Juli hingga 30 Juli 2021.

Dengan beragam kegiatan promosi tentang Indonesia seperti seni budaya, sajian kuliner dan destinasi wisata agar tetap berada di top of mind masyarakat Jepang.

Baca juga : NOC Indonesia Optimis Panahan Tambah Tiket Beregu Ke Olimpiade Tokyo

BNI mendatangkan beberapa hasil karya UMKM Mitra Binaan BNI termasuk dari Rumah BUMN BNI yaitu Rumah BUMN Katingan, Rumah BUMN Sleman dan Rumah BUMN Manggarai Barat yang ditampilkan pada BNI Corner untuk diperkenalkan ke pasar Jepang. Antara lain seperti handycraft anyaman Rumput Purun dari Borneo Queen, Kalimantan Tengah dan kerajinan bambu dari Tunggak Semi, Sleman Yogjakarta.

Selain itu, ada juga kain songket atau tenun dari Tenun Ana Sukarara yang didatangkan dari Lombok dan tenun dari Ca Nai dari Kabupaten Manggarai Barat.

“Bagi BNI, hal ini merupakan suatu kebanggaan karena dapat memberikan kesempatan untuk berkontribusi mendorong UMKM Indonesia Go Global, atau lebih tepatnya lagi dalam hal ini, Goes to Japan. Hal ini sejalan dengan semangat tema ulang tahun ke - 75 BNI untuk #LompatLebihTinggi,” ujar Muhamad Emil Azhary.

Baca juga : Lima Lifter Indonesia Lolos Ke Olimpiade Tokyo

Sementara itu, dalam sambutannya, Heri Akhmadi menyampaikan bahwa kegiatan hari ini juga sekaligus merayakan HUT ke-75 tahun BNI yang jatuh pada tanggal 5 Juli 2021.

"BNI diharapkan dapat menjadi mitra strategis dalam pelayanan kepada masyarakat dan juga dalam mendorong peningkatan ekspor dan investasi antara Indonesia dan Jepang," ujar Heri Akhmadi.

Event Indonesia Bazaar 2021 dihadiri oleh nasabah BNI Tokyo dan juga pengurus Asosiasi Pengusaha Indonesia di Jepang (APIJ). Dan sebagai penghujung acara pembukaan Indonesia Bazaar 2021, semua tamu undangan disuguhi traditional dance dan pertunjukan wayang kulit dari Grup Hana Joss.

Baca juga : Indonesia Vs Afghanistan, Garuda Godok Taktik

Pagelaran wayang ini sangat spesial karena disajikan dalam bahasa Jepang, sehingga sanggup menyihir tamu undangan dalam alunan magis gamelan Jawa yang menjadi pengantar dari cerita wayang kulit tersebut. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.