Dark/Light Mode

BUMN Ajak Konsumen Belanja Online

Awas, Pasokan Pangan Seret Saat PPKM Darurat

Jumat, 9 Juli 2021 05:33 WIB
Ilustrasi. Stok Pangan. (Foto : Istimewa).
Ilustrasi. Stok Pangan. (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
Khusus stok beras, Arief menerangkan, PT Sang Hyang Seri (Persero) sudah menyiapkan ketersedian benih dan stok be­ras. Per 5 Juli, stok benih PNH di kisaran angka 1.628.659 kilogram (kg). Sedangkan stok beras sebesar 18.168 kg secara Nasional. Kemudian, PT Pertani (Persero) memiliki stok benih padi sebesar 5.116 ton, benih jagung sebanyak 314,1 ton, dan beras sebanyak 2.936 ton.

“Dari Pertani tahun ini mem­proyeksikan ketersediaan benih padi 30.000 ton, benih jagung 1.500 ton dan beras 60.000 ton,” ungkap Direktur Utama Pertani Maryono dalam rilis­nya, kemarin.

Baca juga : Menaker: Jangan Ada PHK Karena PPKM Darurat

Sementara di sektor garam, Direktur Utama PT Garam (Persero) Achmad Ardianto mengatakan, saat ini tengah memasuki musim produksi. “Potensi hasil pegaraman di Madura sampai akhir bulan diperkirakan sebesar 2.100 ton dan persediaan garam lokal yang ada cukup se­lama Kebijakan PPKM Darurat dijalankan,” akunya.

Untuk sektor perikanan, Di­rektur Utama Perum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) Fa­tah Setiawan Topobroto memas­tikan, stok komoditas perikanan aman selama masa PPKM Daru­rat. Stok itu meliputi ikan caka­lang, bawal, tuna, cumi, sotong, ikan layang, dan beberapa hasil laut lainnya.

Baca juga : Pemprov DKI Awasi Ketat Sektor Esensial Dan Kritikal Saat PPKM Darurat

“Total stok ketersediaan ikan dan hasil laut hingga 30 Juni 2021 sebanyak 181,32 ton yang merupakan hasil konsol unit Perum Perindo di seluruh Indo­nesia,” katanya.

Sedangkan, Direktur Utama PT Berdikari (Persero) Harry Warganegara menjamin, stok daging mencukupi. Menurutnya, perseroan akan menggunakan se­luruh instrumen mulai dari perda­gangan bisnis ke bisnis hingga akses masyarakat langsung me­lalui ritel online Gerai Daging Berdikari, yakni di Tokopedia dan Grabmart, untuk memastikan kelancaran distribusi.

Baca juga : Mid Year Sale, Lazada Tawarkan Promo Saat PPKM Darurat

“Per 31 Juni 2021, stok daging yang tersedia di penyimpanan Berdikari lebih dari 95 ton terdiri dari 64,06 ton karkas daging ayam dan 31,03 ton karkas daging sapi,” sebutnya. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.