Dark/Light Mode

Percepat Pemulihan Pasca Banjir dan Longsor

Pertamina Salurkan 4.000 Liter Solar di 4 Titik Bencana Bengkulu

Kamis, 2 Mei 2019 17:30 WIB
Banjir yang melanda wilayah Bengkulu sejak 27 April 2019. (Foto: Humas BNPB)
Banjir yang melanda wilayah Bengkulu sejak 27 April 2019. (Foto: Humas BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk mempercepat pemulihan pasca banjir bandang dan longsor di Bengkulu, PT Pertamina (Persero) menyalurkan 4.000 liter solar di 4 titik bencana. Yakni Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Bengkulu Selatan, dan Kabupaten Kaur. Penyaluran tersebut dilakukan bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bidang Mineral dan Batubara, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

“Solar akan didistribusikan ke SPBU Pertamina, yang telah ditunjuk di 4 titik tersebut. Selanjutnya, dapat diambil Ditjen Migas atau pihak yang ditunjuk, dengan membawa surat keterangan resmi yang ditandatangani oleh Ditjen Migas dan Pertamina,” jelas Region Manager Communication & CSR Sumbagsel, Rifky Rakhman Yusuf.

Baca juga : Menteri Rini Apresiasi Pemulihan Kelistrikan Pasca Banjir Bandang dan Longsor Bengkulu

Jumlah solar yang disalurkan di setiap lokasi berbeda-beda. Kota Bengkulu dijatah 280 Liter, Kabupaten Bengkulu Tengah 2.100 Liter, Kabupaten Bengkulu Selatan 700 Liter, dan Kabupaten Kaur 700 Liter.

“Bantuan solar ini berlaku selama 7 hari, terhitung tanggal 1 hingga 7 Mei 2019. Kami harap, dukungan Pertamina ini dapat mempercepat pemulihan Bengkulu pasca bencana yang melanda di beberapa titik,” pungkas Rifky.

Baca juga : 29 Tewas dan 13 Hilang Dalam Musibah Banjir dan Longsor Bengkulu

Sebelumnya, Pertamina juga telah memastikan penyaluran energi BBM dan LPG untuk masyarakat Bengkulu, agar terus berjalan normal pasca terganggu akibat banjir yang melanda dengan beberapa cara. Antara lain suplai alternatif dari Terminal BBM Lubuk Linggau, dan diperpanjangnya waktu operasional SPPBE untuk penyaluran LPG.

Reaksi cepat Pertamina Peduli juga sudah dilakukan dari awal. Pertamina telah menyalurkan obat-obatan, air kemasan, beras, telur, mie instan, dan popok sekali pakai untuk bayi di beberapa posko. Selain itu, juga memberikan Bright Gas untuk dapur umum di posko-posko pengungsian. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.