Dark/Light Mode

Corporate University Bank Mandiri Cetak SDM Berkualitas

Rabu, 14 Juli 2021 15:05 WIB
Bank Mandiri. (Foto: ist)
Bank Mandiri. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Mandiri terus mengembangkan diri untuk mengantisipasi perkembangan industri perbankan dan keuangan terkini melalui Corporate University.

Menurut Direktur SDM & Kepatuhan Bank Mandiri Agus Dwi Handaya, Corporate University Bank Mandiri melakukan program pengembangan karyawan dan masyarakat umum. Dengan menerapkan kurikulum pendidikan yang komprehensif dengan tetap mengintegrasikan muatan lokal.

Dengan jumlah karyawan tersebut, di mana 70 persen di antaranya adalah generasi milenial, Bank Mandiri harus menjadi organisasi yang dinamis dan inovatif untuk mengadaptasi perubahan yang cepat di industri ini, apalagi mengingat kondisi perekonomian Indonesia yang masih rentan terhadap dampak penyebaran virus Covid-19. 

"Di sisi lain, disrupsi akibat revolusi industri 4.0 yang mengutamakan digitalisasi proses semakin terasa pada bisnis perbankan,” kata Agus dalam keterangan resmi, Rabu (14/7).

Berita Terkait : Gaet Logee Trans, Bank Mandiri Digitalisasi Layanan Logistik

Selaras dengan visi Corporate University Bank Mandiri yaitu Menjadi Center of Knowledge and Excellence bagi industri finansial dan menghasilkan pemimpin terbaik untuk bangsa, Agus menyatakan, Corporate University memiliki peran krusial dalam mencetak sumber daya manusia yang unggul. Terutama top talents yang mampu mengambil peran kepemimpinan di Bank Mandiri maupun di lingkungan BUMN lainnya. 

"Inovasi digital ini membuat para Mandirian untuk menjadi pembelajar tangguh yang dapat dilakukan di mana saja, kapan saja," imbuhnya.

Bahkan baru-baru ini, Corporate University Bank Mandiri telah ditunjuk menjadi Ketua BUMN Leadership & Management Institute oleh Kementerian BUMN. Dalam konteks ini, pihaknya akan terlibat dalam pengembangan pemimpin bagi seluruh insan BUMN.

Salah satunya, melalui proses transfer of knowledge yang difasilitasi melalui berbagai macam rangkaian inisiatif pembelajaran. Seperti Onboarding Program for Commissioners & Directors BUMN.

Berita Terkait : Tango Ke Final, Messi Bersiap Mencetak Sejarah

Agus mengatakan, program ini diharapkan melahirkan dan membentuk pemimpin serta talent yang tangguh merupakan rangkaian proses by design. Yaitu dengan merancang strategi pembelajaran yang mengubah business context menjadi learning content. 

Business context yang dimaksud adalah Corporate Plan Bank Mandiri yang diturunkan menjadi aktivitas pembelajaran yang terintegrasi, dan selaras dengan kebutuhan performa setiap pegawai di unit kerjanya. 

Data terkait kebutuhan performa didukung oleh sistem Individual Development Plan (IDP) Online, yang memberikan informasi terkait gap kompetensi sekitar 40 ribu pegawai organik Bank Mandiri. 

Tiap tahunnya, Mandiri University merancang Annual People Development Plan atau APDP, yang mencakup hasil analisa IDP Online untuk sekitar 40 ribu pegawainya secara personalized, dan juga aspirasi maupun kebutuhan unit bisnis terkait pengembangan kompetensi teknikal maupun leadership yang perlu dikembangkan secara masif. 

Berita Terkait : Catat! Ini Jam Operasional Bank Mandiri Saat PPKM Darurat

"Ini merupakan bentuk nyata Mandiri University dalam berperan sebagai strategic business partner Bank Mandiri dalam mengembangkan pemimpin dan talent-nya," uajr Agus.

Bank Mandiri pun memiliki target yang ambisius dalam mencetak pemimpin secara cepat, menanggapi tingginya demand ekspor talent dari lingkungan Bank Mandiri. Belum lama ini, 110 pemimpin Bank Mandiri ditempatkan di berbagai posisi strategis di BUMN lainnya. Untuk itu, Mandiri University secara proaktif mengakselerasi proses pengembangan kepemimpinan melalui Leadership & Management Development Academy.

Dari kiprah dan capaian tersebut, Agus mengungkapkan, Corporate University Bank Mandiri terpilih menjadi corporate university perusahaan terbaik di Indonesia versi Global Council of Corporate Universities (GCCU). Penghargaan Gold Award untuk kategori Corporate Responsibility & Soft Power tahun 2021 ini diberikan pada malam penganugerahan Global Council of Corporate Universities (Global CCU) Award di Perancis pada tanggal 5 Mei 2021. [DWI]