Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gaet Logee Trans, Bank Mandiri Digitalisasi Layanan Logistik

Selasa, 13 Juli 2021 18:22 WIB
Bank Mandiri. (Foto: ist)
Bank Mandiri. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menggandeng Logee Transportation (Logee Trans) untuk mengembangkan layanan digital logistik. PT Pos Logistik Indonesia menjadi pengguna jasa pertama.

Dalam kolaborasi ini, pelaku usaha pemilik barang akan dapat mengakses fasilitas Invoice Financing atau pembiayaan atas dasar akseptasi invoice, melalui sistem Mandiri Financial Supply Chain Management yang terintegrasi pada platform milik Logee Trans yaitu Logee Truck. 

Saat ini, aplikasi Logee Truck sendiri telah digunakan pelaku usaha pemilik barang untuk memesan jasa pengiriman barang ke perusahaan pengangkutan barang, serta memantau proses pengiriman barang dan penerimaan pembayaran. Sementara perusahaan pengangkutan barang, juga dapat menerima pesanan dan menerima pembayaran sesuai waktu yang ditentukan.

Baca juga : Menkes Tegaskan, Vaksin Mandiri Hanya Opsi

Direktur Treasury & International Banking Bank Mandiri, Panji Irawan mengatakan, sinergi ini akan memberikan kemudahan percepatan penerimaan/pembayaran atas tagihan (invoice) perusahaan pengangkut barang dari pemilik barang. Tanpa harus menunggu jatuh tempo pembayaran.

Integrasi sistem secara Host-to-Host antara Bank Mandiri dan Aplikasi Logee Truck ini, akan meningkatkan optimalisasi pemanfaatan arus kas dari kedua pihak baik pengusaha pemilik barang, maupun perusahaan pengangkutan barang. “Ini lantaran, kerja sama ini akan memberikan kepastian pembayaran sesuai tenor pembayaran,” kata Panji, Selasa (13/7).

Panji menambahkan, salah satu target market dari digitalisasi layanan logistik ini adalah perusahaan-perusahaan angkutan barang yang teregistrasi sebagai mitra Pos Logistik Indonesia. 

Baca juga : Perkuat Bisnis, Warung Pintar Grup Digitalisasi Toko Kelontong

Berdasarkan rekomendasi dari Pos Logistik Indonesia, Bank Mandiri dapat memproses pemberian limit kredit kepada pemilik truk dengan memperhatikan track record, layanan pemilik Truk kepada Pos Logistik serta Analisa keuangan dari pemilikTruk.

Pada periode semester I tahun ini, fasilitas Mandiri Supply Chain Management, invoice financing ini telah membantu sebanyak 1.616 nasabah. Terutama dalam meningkatkan efektifitas pengelolaan keuangan.

“Tercatat dengan total 4.825 transaksi senilai Rp 4,3 triliun hingga akhir semester I tahun ini,” jelasnya.

Baca juga : PPKM Darurat, Digitalisasi UMKM Kian Mendesak

Panji menegaskan, kerja sama ini merupakan bagian dari upaya Bank Mandiri, untuk mendukung upaya pemerintah dalam kegiatan logistik di Indonesia. Ini menjawab tantangan perkembangan teknologi digital nasabah Bank Mandiri. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.