Dark/Light Mode

Kebut Pemulihan Kinerja, Garuda Optimalkan Momentum Pertumbuhan Ekspor Nasional

Jumat, 16 Juli 2021 11:16 WIB
Maskapai penerbangan Garuda Indonesia (Foto: Dok. Garuda)
Maskapai penerbangan Garuda Indonesia (Foto: Dok. Garuda)

RM.id  Rakyat Merdeka - Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia terus mengoptimalkan langkah percepatan pemulihan kinerja, di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Salah satunya, turut diselaraskan dengan momentum pertumbuhan sektor ekspor nasional, melalui langkah maksimalisasi pangsa pasar angkutan logistik.

Hal tersebut sejalan dengan proyeksi pertumbuhan sektor ekspor nasional, yang diperkirakan akan terus meningkat. Menyusul laporan Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatatkan konsistensi peningkatan trafik ekspor Indonesia pada Juni 2021, dengan keberhasilan angka pertumbuhan hingga 54,46 persen, dibanding periode yang sama pada tahun lalu.

Baca juga : Kemajuan IPTEK Dorong Pertumbuhan Ekonomi Dan Inovasi

"Sejalan dengan berbagai langkah upaya perbaikan kinerja usaha, yang terus kami lakukan secara berkelanjutan, tren pertumbuhan sektor ekspor nasional menjadi momentum penting bagi upaya optimalisasi lini bisnis penunjang yang dijalankan perusahaan di tengah tekanan kinerja usaha imbas pandemi Covid-19. Terutama melalui bisnis kargo dan charter," papar Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam keterangannya, Jumat (16/7).

Secara konsisten, perusahaan berhasil mencatatkan pertumbuhan angkutan kargo yang semakin menjanjikan.

Hingga Mei 2021, Garuda Indonesia Group berhasil membukukan pertumbuhan angkutan kargo hingga 35 persen, dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Baca juga : Ada PPKM Darurat, Airlangga Pangkas Target Pertumbuhan Ekonomi

Konsistensi tersebut sejalan dengan kinerja bisnis kargo pada akhir tahun 2020. Ketika itu, perusahaan berhasil mencatatkan angkutan trafik kargo udara, yang menyentuh level 99 persen dari performa angkutan kargo pada periode sebelum pandemi.

Dengan tren pertumbuhan positif tersebut, Garuda Indonesia akan terus mengoptimalkan utilisasi armada bagi perluasan jaringan penerbangan kargo. Demi menunjang aktivitas direct call komoditas ekspor unggulan dan UMKM dari berbagai wilayah Indonesia.

Salah satunya, melalui pengoperasian 2 armada passenger freighter yang kini melayani sejumlah penerbangan kargo domestik maupun internasional.

Baca juga : Dukung PPKM Darurat, Garuda Sesuaikan Layanan Operasional

Tidak dapat dipungkiri, situasi pandemi mendorong terjadinya shifting behaviour pada tren bisnis industri penerbangan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.