Dark/Light Mode

Jatuh Tempo Diperpanjang Hingga 2026

Garuda Lega Himbara Setujui Restrukturisasi

Rabu, 30 Juni 2021 05:43 WIB
Garuda Indonesia. (Foto : Istimewa).
Garuda Indonesia. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Langkah awal penyelamatan Garuda Indonesia (Persero) Tbk, berjalan mulus. Tiga bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yakni BRI, Bank Mandiri dan BNI, menyetujui restrukturisasi utang. Hal ini membuat waktu maskapai tersebut untuk memperbaiki kinerja menjadi lebih panjang.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Garuda In­donesia Prasetio lega restruk­turisasi disetujui. Sebab, restruk­turisasi merupakan bagian dari program penyelamatan.

Baca juga : Jakarta Lockdown, Setuju Atau Tolak?

“BRI dan BNI setuju, untuk mengkonversi sebagian pinjaman jangka pendek menjadi pinjaman jangka panjang dengan jatuh tempo pada 2026,” ungkap Prasetio yang dikutip dari keterbukaan informasi BEI (Bursa Efek Indonesia), Minggu (27/6).

Sementara Bank Mandiri, telah memberikan persetujuan restrukturisasi pinjaman me­lalui perpanjangan pinjaman sampai dengan Desember 2021. Juga menangguhkan kewajiban clean-up pinjaman. “Selain itu, bank-bank non-Himbara juga sudah menyetujui perpanjangan pinjaman,” ucapnya.

Baca juga : Layanan Perpanjang SIM Polda Metro Hadir Di 5 Lokasi

Untuk proses lainnya, lanjut Prasetio, saat ini perseroan sedang dalam proses diskusi dengan konsultan-konsultan pendukung.

“Pertimbangannya, dengan mengupayakan opsi terbaik yang akan dikaji untuk kepentingan perseroan dan seluruh stakeholders,” jelas dia.

Baca juga : Ombudsman Sampaikan Pengaduan Masyarakat Terbanyak Soal Restrukturisasi Kredit

Selanjutnya, perseroan akan menerbitkan laporan keuangan 2020 dalam waktu dekat. Laporan keuangan akan diterbitkan selambat-lambatnya pada 30 Juni 2021.

Corporate Secretary PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk alias BNI Mucharom mengatakan, Garuda Indonesia masih beritikad baik dengan berupaya memenuhi kewajibannya kepada bank.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.