Dark/Light Mode

Kebut Pemulihan Kinerja, Garuda Optimalkan Momentum Pertumbuhan Ekspor Nasional

Jumat, 16 Juli 2021 11:16 WIB
Maskapai penerbangan Garuda Indonesia (Foto: Dok. Garuda)
Maskapai penerbangan Garuda Indonesia (Foto: Dok. Garuda)

 Sebelumnya 
Hal tersebut juga merupakan situasi yang tidak terhindarkan dihadapi oleh berbagai pelaku industri penerbangan lainnya, yang harus melakukan berbagai langkah fundamental guna mengoptimalkan kinerja usahanya.

Seperti upaya diversifikasi bisnis baik dalam skala besar maupun kecil, yang tak lain dan tak bukan dimaksudkan untuk mengupayakan keberlangsungan usaha di tengah krisis industri penerbangan dunia saat ini.

"Dalam kondisi yang penuh tantangan ini, Garuda Indonesia memastikan komitmennya untuk senantiasa hadir memenuhi kebutuhan aksesibilitas layanan penerbangan masyarakat Indonesia, melalui pengalaman terbang yang aman dan nyaman," terang Irfan.

Baca juga : Kemajuan IPTEK Dorong Pertumbuhan Ekonomi Dan Inovasi

"Hal itu selaras dengan konsistensi penerapan protokol kesehatan di seluruh lini operasi Garuda Indonesia, yang turut mengantarkan kami menjadi salah satu maskapai penerbangan terbaik di Asia Tenggara, dengan kualitas penerapan protokol kesehatan di seluruh aspek layanan," imbuhnya.

Rangkaian upaya maksimal yang dilakukan oleh perusahaan untuk menghadirkan layanan penerbangan yang aman, nyaman, dan sehat  tidak terlepas dari esensi moda transportasi udara sebagai sektor krusial. Terutama, di masa PPKM Darurat yang tengah diberlakukan.

Kehadiran transportasi udara berperan besar dalam menunjang pergerakan logistik maupun perjalanan masyarakat, yang harus terbang karena memiliki kebutuhan prioritas di masa pandemi.

Baca juga : Ada PPKM Darurat, Airlangga Pangkas Target Pertumbuhan Ekonomi

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Garuda Indonesia akan terus mengedepankan penerapan protokol kesehatan sesuai dengan regulasi dan ketentuan yang berlaku. Yang turut didukung dengan pengetatan persyaratan penerbangan oleh otoritas terkait, demi menghadirkan perlindungan multiproteksi bagi masyarakat yang akan melaksanakan perjalanan dengan moda transportasi udara.

"Pandemi Covid-19 ini mengajarkan pelaku sektor industri penerbangan tentang makna penting upaya akseleratif dan resiliensi, dalam menghasilkan evolusi bisnis yang berkesinambungan," ujar Irfan.

Ia menambahkan, pihaknya terus melakukan berbagai langkah strategis pemulihan kinerja. Antara lain melalui konsolidasi operasi, untuk mendorong efisiensi serta menunjang business continuity perusahaan, di tengah kondisi makro yang penuh tantangan dan pasar yang semakin kompetitif.

Baca juga : Dukung PPKM Darurat, Garuda Sesuaikan Layanan Operasional

Di samping itu, perusahaan juga tengah merampungkan program restrukturisasi secara menyeluruh terhadap kinerja usaha, yang akan dilakukan secara bertahap dan terukur dengan mengedepankan komitmen keberlangsungan usaha.

"Garuda Indonesia optimistis dapat semakin agile dan adaptif, dalam menjawab tantangan industri penerbangan ke depannya," pungkas Irfan. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.