Dark/Light Mode

Waspada Penipuan Lelang Online, Ini Tips Dari Pegadaian

Kamis, 22 Juli 2021 15:26 WIB
Waspada Penipuan Lelang Online, Ini Tips Dari Pegadaian

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pegadaian (Persero) mengimbau masyarakat, agar hati-hati jika mendapat informasi tentang lelang atau penjualan barang dengan harga murah, terkait maraknya modus penipuan lelang online melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, SMS maupun pengiriman pesan melalui Whatsapp.

Berita Terkait : Warisan Literasi Dari Saudagar Pariaman Abad Ke-19

Kepala Departemen Komunikasi Pegadaian Basuki Tri Andayani, pihaknya sering menerima laporan masyarakat tentang lelang mobil, emas, barang elektronik, meupun barang berharga lainnya. Modusnya bermacam-macam. Selain mengatasnamakan perusahaan Pegadaian, foto pribadinya pun disalahgunakan dan nomor WA-nya beberapa kali dimanipulasi untuk melakukan tindak penipuan.

Baca Juga : Wakil Ketua Komisi IX DPR: Kalau Perlu, 1 Juta Testing Per Hari

"Beberapa waktu lalu ada masyarakat yang menjadi korban penipuan dengan modus lelang mobil dengan harga yang sangat murah. Masyarakat kami imbau agar waspada dan tidak mudah tergiur dengan penawaran barang dengan harga yang tidak wajar," imbaunya dalam keterangan resmi, Kamis (22/7).

Baca Juga : Satgas Pamtas RI Perketat Pengawasan PPKM Di Perbatasan

Basuki mengatakan, ada beberapa kemungkinan buruk atas penawaran barang dengan harga yang sangat murah. Pertama, tindak penipuan murni, barangnya tidak ada, ada korban hanya diberikan iming-iming palsu, atau barang barang rekondisi. Dan kemungkinan ketiga, barang-barang yang ditawarkan merupakan hasil kejahatan.
 Selanjutnya