Dark/Light Mode

39 Tahun Dikelola PLN, PLTP Kamojang Tetap Andal Hasilkan Energi Bersih

Sabtu, 24 Juli 2021 19:22 WIB
Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang. (Dok. PLN)
Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang. (Dok. PLN)

 Sebelumnya 
Dari aspek lingkungan hidup, PLTP Kamojang POMU rutin memenangkan berbagai penghargaan.

Setelah rutin mendapatkan Penghargaan Proper Hijau sejak 2008 hingga 2018 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, sejak 2019 hingga terakhir tahun 2020 PLTP Kamojang POMU berhasil meraih Proper Emas.

Baca juga : Perayaan Idul Adha, KPK Larang Tahanan Makan Bersama

Proper Emas adalah penghargaan terbaik bagi usaha yang menerapkan pengelolaan lingkungan secara menyeluruh dan berkelanjutan.

“Pada tahun 2020, PLTP Kamojang POMU pun berhasil meraih penghargaan Indonesian CSR Award Kategori Platinum. Ini membuktikan Tanggung Jawab Sosial yang kami lakukan berjalan dengan sangat baik,” ucap Agung.

Baca juga : PLN Dorong Peningkatan Konsumsi Listrik Menuju Era Energi Bersih

Selama ini PLTP Kamojang POMU aktif mengembangkan budidaya tanaman kopi pelag bersama masyarakat sekitar operasi mereka. Kopi dibudidayakan secara terintegrasi di kaki Gunung Papandayan oleh mitra binaan.

Area tanam ini, dikelola selain untuk kepentingan ekonomi komoditas Kopi, juga sebagai sebagai upaya pencegahan longsor dan area tangkapan air yang selanjutnya berfungsi sebagai _natural recharge_ sumber uap panas bumi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.