Dark/Light Mode

Grab Dan Emtek Group Bangun Ekosistem Digitalisasi UMKM

Senin, 26 Juli 2021 20:19 WIB
Grab Indonesia dan Emtek Group umumkan kerja sama menggabungkan ekosistem digital secara virtual, Senin (26/7). (Foto: Istimewa)
Grab Indonesia dan Emtek Group umumkan kerja sama menggabungkan ekosistem digital secara virtual, Senin (26/7). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
"Grab dan Emtek Group juga akan menjajaki peluang bersama untuk berinvestasi dan membimbing perusahaan start-up Indonesia, melalui KMK Online dan Grab Ventures Velocity," ujarnya.

Minggu lalu, Grab dan platform streaming over-the-top Vidio meluncurkan penawaran paket GrabFood dengan voucher diskon Vidio Premier Platinum untuk 30 hari yang dapat diperoleh di aplikasi Grab.

Kedua perusahaan juga akan menjajaki peluang kolaborasi terutama di sektor logistik dan e-commerce, juga layanan keuangan, telemedicine, periklanan dan media digital, serta produk digital untuk kios atau warung tradisional.

Emtek Group juga telah menginvestasikan 375 juta dolar AS lewat Grab Teknologi Indonesia. Grab juga telah merampungkan investasi ke Emtek Group. "Melalui kemitraan strategis ini, kedua perusahaan bertujuan mendukung perkembangan menuju Indonesia digital," ujar Ridzki.

Baca juga : Holding Ultra Mikro Percepat Digitalisasi UMKM

Sementara itu, Managing Director Emtek Group Sutanto Hartono menuturkan, pihaknya percaya, teknologi dapat menjadi kekuatan dalam menciptakan kebaikan untuk meningkatkan kehidupan dan mata pencaharian jutaan orang.

Menurut Sutanto, Grab memiliki keahlian teknologi yang mumpuni, komitmen untuk berinovasi, dan kepemimpinan yang terbukti sukses hingga level operasional dimana keunggulan-keunggulan ini menjadikan mereka sebagai mitra yang tepat.

"Kami senang dapat bekerja sama dengan Grab untuk memperkuat infrastruktur digital dan membangun ekonomi digital Indonesia yang menjangkau semua," imbuhnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berharap, kolaborasi antara Grab dan Emtek Group dapat memberikan dampak positif bagi pemulihan ekonomi nasional dan mendorong pemerataan ekonomi digital di Tanah Air.

Baca juga : Apical Group Teken MoU Bangun Islamic Center dan Revitalisasi TamanĀ 

"Semoga sinergi Grab dan Emtek Group dapat menjadikan Indonesia sebagai negara ekonomi digital minimal 5 besar dunia," ucapnya.

Salah satunya, dengan merangkul UMKM secara inklusif, termasuk di antaranya menyediakan teknologi yang ramah terhadap setiap kalangan termasuk penyandang disabilitas, perempuan dan UMKM di daerah-daerah terdepan, terpencil dan tertinggal.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia Teten Masduki menyatakan, UMKM kita memiliki kemampuan yang mumpuni untuk menghasilkan produk yang inovatif dan berkualitas. Meskipun sebagian besar dari mereka berjuang menghadapi tantangan saat ini, ada peluang besar untuk meningkatkan skala bisnis mereka melalui transformasi digital.

"Pemerintah menargetkan 30 juta UMKM untuk bertransformasi ke digital pada tahun 2024, dan kami senang bahwa perusahaan seperti Grab dan Emtek Group telah mengambil langkah untuk berpartisipasi dalam membantu UMKM Tanah Air mentransformasikan kegiatan usaha mereka secara digital," ujar Teten.

Baca juga : Kolaborasi Galeri Indonesia dan Blibli Mitra, Dorong Transformasi Digital UMKM

 Ia berharap kemitraan strategis antara Grab dan Emtek Group juga akan menjangkau lebih banyak UMKM, termasuk para Penyandang Disabilitas dan wirausahawan lanjut usia. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.