Dark/Light Mode

Mulai Bergairah

Angkutan Barang Pelni Naik 85 Persen

Rabu, 28 Juli 2021 07:00 WIB
Muatan barang kapal Pelni. (Foto : Dok. Pelni).
Muatan barang kapal Pelni. (Foto : Dok. Pelni).

 Sebelumnya 
Sementara muatan barang di kapal penumpang juga mengalami kenaikan sepanjang enam bulan pertama tahun ini. Yakni General Cargo pada 26 kapal penumpang naik 33 persen atau sebanyak 4.062 ton. Dengan muatan barang pada kontainer kapal penumpang naik 27 persen. Atau sebesar 1.180 TEUs dibanding tahun 2020 pada periode yang sama.

Begitu juga dengan muatan kendaraan di kapal penumpang yang menunjukkan tren positif. Yaitu naik 56 persen atau sebesar 2.219 kendaraan dibanding Semester I-2020.

Baca juga : PPKM Darurat, Jumlah Penumpang Di Bandara Angkasa Pura I Anjlok 76 Persen

“Pertumbuhan muatan ter­tinggi di Semester I-2021 adalah pada muatan Redpack sebesar 355.466 kilogram (kg). Jumlah ini naik 99,8 persen atau 177.572 kg jika dibanding Semester 1-2020,” ucapnya.

Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat semakin mem­percayai Pelni dalam hal pengiriman barang. Khususnya melalui layanan parsel yang menawarkan kelebihan end to end logistik.

Baca juga : Temui Pengemudi Angkutan Umum Di Bogor, Menhub Bagikan Paket Sembako

Karenanya, ia meyakini target muatan barang di tahun ini akan tercapai melihat ke­naikan yang cukup signifikan pada setiap layanan muatan barang. Karena itu, perseroan mematok target muatan ba­rang kapal barang tahun ini adalah 9.553 TEUs.

“Artinya kami telah men­capai 63 persen untuk menuju target. Kami optimis muatan barang akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya kebutuhan logistik masyara­kat. Terutama di masa Pan­demi Covid-19 ini,” ucapnya.

Baca juga : Apa Ada Yang Main Di Air Keruh?

Ia pun memastikan, pihaknya akan terus berinovasi untuk mempermudah masyarakat dalam pemesanan lo­gistik menggunakan kapal Pelni, seperti melalui aplikasi MyCargoo!. Di mana, aplikasi ini hadir untuk mempermudah shipper melihat secara detail slot kargo yang tersedia secara realtime dan tracking muatan.

“Tentunya ini akan mem­permudah proses booking dan reservasi muatan selain melalui website cargo.pelnilogistic.co.id dan loket Kantor Cabang Pelni,” pungkasnya. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.