Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bansos PKL Bisa Jaga Daya Beli Masyarakat Kecil Saat PPKM

Rabu, 28 Juli 2021 13:49 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Ist)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia, Yusuf Rendy Manilet mengatakan, bantuan sosial (bansos) yang disalurkan pemerintah mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat yang berada di kelas menengah ke bawah.

"Bantuan ini dapat menjaga daya beli kelompok masyarakat menengah bawah. Karena dengan perpanjangan PPKM Level 4 ini, masyarakat diharuskan membatasi kegiatan termasuk aktivitas ekonomi. Ini bagus untuk mendukung masyarakat bertahan termasuk pelaku usaha kecil seperti PKL, warteg dan sebagainya,” ujarnya, Rabu (28/7).

Namun demikian, kata Yusuf, penyaluran bansos tersebut tidak dapat mendorong konsumsi yang lebih tinggi di masa penerapan PPKM. Tapi, bantuan ini setidaknya dapat menahan agar daya beli masyarakat tidak jatuh terlalu dalam.

Baca juga : Gandeng Mitra Dan Bobotoh, Persib Bantu Masyarakat Terdampak Covid

"Sehingga diharapkan pemerintah dapat mempercepat penyaluran bantuan ini agar recovery ekonomi kita setelah PPKM tidak lagi diperketat tidak akan memakan waktu lebih lama," tandas Yusuf.

Sementara Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta Sarman Simanjorang menyambut baik keputusan pemerintah memberikan sejumlah insentif khususnya bagi pelaku usaha mikro kecil (UKM), termasuk bantuan kepada warung, PKL hingga warteg.

"Saya rasa ini waktu yang tepat, karena para pelaku UKM sudah terhimpit dengan pemberlakuan PPKM 3 minggu kemarin. Dan bantuan modal 1,2 juta yang telah disiapkan pemerintah ini menjadi angin segar," ungkapnya.

Baca juga : Begini Cara Jaga Aki Mobil Tetap Tokcer Selama PPKM

Menurut Sarman, berbagai bentuk bantuan yang digelontorkan pemerintah menunjukkan negara hadir di tengah para pengusaha meski di tengah krisis. Bantuan-bantuan yang diberikan secara bertahap itu, patut diapresiasi.

"Masih ada beberapa sektor yang belum mendapatkan stimulus. Tetapi pelonggaran PPKM Level 4 ini menjadi momentum bagi pemerintah untuk mendistribusikan bantuan Rp 1,2 juta yang disiapkan untuk mendukung UKM agar tetap bertahan," tutup Sarman.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah menyiapkan insentif bantuan sosial sebesar Rp 1,2 juta untuk PKL dan warteg yang terdampak PPKM Level 4. Targetnya, satu juta penerima.

Baca juga : Ini Aturan Perjalanan Dan Berkendara Saat PPKM Level 4

"Ini akan dibagi-bagikan melalui TNI dan Polri, sehingga ini diharapkan bisa memberikan bantuan ke masyarakat secara tunai, terutama di wilayah-wilayah yang di Level 4," ujar Menko Airlangga.

Bantuan tersebut dapat membantu PKL untuk tetap bertahan di tengah berlanjutnya PPKM level 4 hingga 2 Agustus mendatang. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.